17 June 2024
0 0
Read Time:3 Minute, 15 Second

Artikel kali ini membahas tentang materi beserta praktik dari penggunaan array atau LIST dalam melakukan pengelolaan data. Array ini biasanya digunakan untuk membuat aplikasi yang menggunakan fitur untuk menampilkan data baik itu secara umum maupun spesifik atau filter.

Array ini bisa diterapkan ke dalam variabel atau object seperti ListView, Spinner, Dynamic Component, dan sebagainya di Kodular atau App Inevntor 2. Terkadang Array ini digunakan untuk memasukkan data satu per satu yang berdasarkan tempat nilai index yang telah ditentukan. Disini ada beberapa jenis array yang berdasarkan dimensi. Yang sering ditemui yaitu array dua dimensional (x,y) yang dimana untuk menampilkan isi / value data yang diambil dari satu titik pada beberapa tempat list yang telah ditentukan.

Untuk Kodular atau App Inventor 2, nilai awal Indeks khusus array ini dihitung dari 1 (satu) bukan 0 (nol) sehingga banyak yang keliru bagi terutama orang yang terbiasa ngoding manual dengan bahasa pemrograman yang dikuasainya.

CONTOH PENGGUNAAN BLOK PROGRAM SEPUTAR ARRAY / LIST

Disini ada beberapa contoh penggunaan blok program yang berhubungan dengan array atau list di dalam Kodular atau App Inventor 2 dengan sebagai berikut.

1) Array Masih Kosong

Pada blok program yang diatas, variabel ini masih belum ada isi data sekali di dalam list yang dimana bisa diisikan dengan blok program “ada items …” dengan sesuai kebutuhan.

2) Array Terdiri 1 Dimensional (dikenal dengan List).

Pada blok program yang diatas, terdiri dari 1 dimension yang dimana paling mudah dipahami oleh orang yang menciptakan aplikasi atau program karena penentuan dalam parameter index cuma 1 saja. Disitu ada 4 isi data di dalam list tersebut.

Baca juga artikel :  Penggunaan ASD atau Akses Storage Internal Android pada Kodular

CARA MENGETAHUI ISI INDEKS DARI LIST INI

Indeks 1 = Apel

Indeks 2 = Belimbing

Indeks 3 = Ceri

Indeks 4 = Duku

Nah, kamu bisa menggunakan Array 1 Dimensional dengan sesuai kebutuhan dalam isi atau tampungan data yang diharapkan telah pahami dalam membaca isi data dari masing-masing indeks.

3) Array Terdiri 2 Dimensional

Pada blok program yang diatas, terdiri dari 2 Dimensional yang dimana kebanyakan orang yang menciptakan aplikasi atau program ini mulai kesulitan dalam melakukan implementasi dalam menampilkan salah satu data value yang diambil dari Array List tersebut yang bisa dilihat pada di bawah ini

Barisan List bagian 1 dengan (x,y) :

(1,1) = iPhone 11

(1,2) = iPhone 12

(1,3) = iPhone 13

(1,4) = iPhone 14

Barisan List Bagian 2:

(2,1) = Redmi 13C

(2,2) = Realme C67

(2,3) = Samsung A55

(2,4) = Pixel 5A

Untuk melakukan implementasi dalam penggunaan array 2 dimensi ke dalam blok program yang bisa terlihat pada di bawah ini:

1) Menampilkan seluruh data value yang dipilih dari satu list yang ada di dalam array tersebut.

2) Menampilkan salah satu data value dari satu list yang telah terpilih di dalam array tersebut.

Jadi, kamu bisa menentukan dalam menampilkan salah satu list dari Array yang ada dan / atau satu data value dari satu list yang terpilih di dalam Array dengan sesuai kebutuhan dalam mengelola data terhadap aplikasi Android.

4) Array Terdiri Multi-Dimensional

Pada bagian ini terdiri dari beberapa dimensional pada array dengan sesuai kebutuhan, semakin banyak dimensional semakin rumit dalam melakukan implementasi untuk menampilkan data value yang dipilih dari Array yang ada.

Seperti yang kita ketahui ada beberapa kasus dalam menampilkan suatu data ke bagian output dari array multidimensional yang dimana harus menentukan nilai indeks di dalam beberapa array list yang terbentuk yang terdapat pada contoh di bawah ini:

Pasti sebagian ada yang bingung dengan implementasi untuk menampilkan data ke dalam UI yang berfungsi sebagai output seperti Label, Spinner, dan lain-lain jika ditemukan Blok program Array List yang dalam bentuk pada gambar diatas. Oleh karena itu,kamu harus pelajari pondasi tentang Array dan List yang bisa ditemukan di referensi yang lain.

Baca juga artikel :  Cara Membuat Radio Button di Kodular

PENUTUP

Kamu bisa mempelajari dalam pengenalan beserta penggunaan Array dan / atau List ke dalam App Inventor atau Kodular terhadap penyimpanan data ke dalam bentuk list yang akan diitampilkan data dengan sesuai nilai indeks baris (x) dan kolom (y) yang telah ditentukan terhadap pembuatan aplikasi Android sendiri.

About Post Author

Dwi Lestari

Saya bukanlah penulis handal dan hanya menyampaikan sesuatu yang bisa disampaikan.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *