13 April 2024
1 0
Read Time:2 Minute, 33 Second

Artikel kali ini membahas tentang penjelasan atau keterangan dari kegunaan masing-masing pada komponen Media yang terdapat di dalam Kodular.

Media ini digunakan untuk membuat atau memberikan atau menambahkan file yang media audio (musik, rekaman, dan sejenisnya) atau visual (video, gambar, dan sejenisnya) ke dalam aplikasi Android agar aplikasi tersebut memperlihat atau mendengar suatu informasi dari aplikasi tersebut dan bisa dipakai untuk pengguna gadget yang mengalami difabel salah satu alat indera.

Baca juga artikel :  Cara Replace Teks di Kodular

LIST KOMPONEN DARI MEDIA

Berikut tentang penjelasan fungsi dari masing-masing komponen pada Media :

  • Audio Picker merupakan komponen yang digunakan untuk memilih file audio seperti musik atau rekaman dari media penyimpanan internal atau eksternal yang akan diputarkan ke dalam aplikasi.
  • Camcorder merupakan komponen yang digunakan untuk merekam video dengan menggunakan kamera dari smartphone Android seperti WebCam.
  • Camera merupakan komponen yang digunakan untuk mengambil gambar atau foto dengan menggunakan kamera.
  • Image Picker merupakan komponen yang digunakan untuk memilih file gambar seperti foto atau animasi GIF dari media penyimpanan internal atau ekstenal yang akan dtampilkan ke dalam aplikasi.
  • Metadata merupakan komponen yang digunakan untuk menampilkan data informasi yang terdapat file-file yang ada di dalam aplikasi seperti pengarang lagu, ukuran file, nama gambar, dan sebagainya.
  • OCR merupakan komponen yang digunakan untuk melakukan konversi dari file gambar menjadi beberapa teks yang ditampilkan ke dalam label atau teks input dengan sesuai konten file gambar.
  • Player merupakan komponen yang digunakan untuk menjalankan, menghentikan, pause, dan pengelolaan lain pada file audio seperti musik atau backsound, atau file video yang berasal dari media penyimpanan HP atau aplikasinya langsung.
  • QR Code merupakan komponen yang digunakan untuk membuat atau mengkonversi data teks menjadi file gambar QR Code yang dimana bisa discan untuk mendapat konten dari QR Code itu sendiri.
  • Sound merupakan komponen yang digunakan untuk menjalankan, menghentikan, pause, dan pengelolaan lain pada file audio seperti musik atau backsound yang berasal dari media penyimpanan HP atau aplikasinya langsung.
  • Sound Recorder merupakan komponen yang digunakan untuk merekam audio atau suara dengan menggunakan microphone atau speaker dari smartphone Android.
  • Speech Recoginzer merupakan komponen yang digunakan untuk mengkonversi dari data teks menjadi data suara yang bisa mendengar suara dari aplikasi.
  • Text to Speech merupakan komponen yang digunakan untuk mengkonversi dari data suara menjadi data teks yang bisa melihat teks dari aplikasi.
  • Video Picker merupakan komponen yang digunakan untuk memilih file Video dari media penyimpanan internal atau eksternal yang akan diputarkan ke dalam aplikasi.
  • Video Player merupakan komponen yang digunakan untuk menjalankan, menghentikan, pause, dan pengelolaan lain pada file video yang berasal dari media penyimpanan HP, internet atau aplikasinya langsung.
  • Yandex Translate merupakan komponen yang digunakan untuk melakukan terjemahkan dari satu bahasa ke bahasa lain dengan menggunakan layanan Yandex Translate.
Baca juga artikel :  Cara Upload File ke Hosting / VPS tanpa FTP dengan Kodular

PENUTUP

Kamu bisa mengenali salah satu komponen atau widget yang ada di Pallete yaitu Media beserta fungsi dari masing-masing penggunaaan komponen tersebut dalam mendukung produk aplikasi Android buatan sendiri agar bisa dipakai oleh banyak orang yang terutama orang yang difabel dari satu atau lebih alat indera.

BACA ARTIKEL LAIN

Baca juga artikel :  Cara Menampilkan Gambar dengan Dynamic Image View secara Horizontal di Kodular
Baca juga artikel :  Cara Mendapatkan API Key, Secret Key, dan Cloud Name di Cloudinary khusus Kodular
Baca juga artikel :  Cara Membuat Hitung Otomatis di TextBox pada Kodular
Baca juga artikel :  Cara Mengambil Gambar dari Kamera di Kodular (UPDATE Agustus 2022)
Baca juga artikel :  Cara Upload Satu Ekstensi File ke Hosting / VPS tanpa FTP dengan Kodular

About Post Author

Dwi Lestari

Saya bukanlah penulis handal dan hanya menyampaikan sesuatu yang bisa disampaikan.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
100 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *