26 July 2024
0 0
Read Time:3 Minute, 41 Second

Artikel kali ini membahas tentang tutorial dalam membuat fitur sistem untuk menampilkan sebagian atau seluruh data atau dataset CSV secara sort Asscending (dari A-Z) dengan menggunakan bantuan TinyDB ke dalam aplikasi Android di dalam Kodular. Hal ini bisa memudahkan dalam mencari data yang berdasarkan urutan data dari huruf A – Z, nilai terkecil – terbesar, dsb yang dikenal dengan Sort Asccending.

Kemungkinan untuk menampilkan data CSV secara offline atau online sedikit berbeda, jika kamu telah kuasai kemampuan dasar dalam menampilkan data CSV ke komponen list, maka lebih mudah dalam melakukan untuk tampilan data CSV dari online.Pengalaman penulis sendiri.

Pengalaman penulis sendiri.

Untuk mengurutkan data sorting tersebut bisa menggunakan salah satu blok program dari TinyDB yakni TinyDB.getTags() untuk menampilkan sebagian atau seluruh secara berurutan. Sebelum itu, kamu harus memperhatikan spesifikasi HP Android yang kamu digunakan untuk pengujian aplikasi Android dalam menampilkan data sorting dari TinyDB yang terutama sudah sampai ribuan data.

HAL-HAL YANG HARUS MEMPERHATIKAN SEBELUM MENGIKUTI TUTORIAL

1a. Kamu harus mencari dataset dalam bentuk CSV dengan kumpulan data minimal 100 data. Agar lebih mudah dalam mendapat dataset tanpa harus melakukan input data manual yang bikin capek dan membuang waktu, lebih baik kamu cari dataset di Kaggle saja. Penulis menyarankan cari ukuran file dataset itu kurang dari 1 MB.

1b. Kamu bisa menggunakan dataset CSV secara online seperti sumber data dari Google Sheets, Hosting, Airtable, dan sebagainya. Caranya kurang lebih sama dengan pengambilan data CSV offline, bedanya menggunakan komponen web untuk menampung data CSV ke dalam bentuk list.

Baca juga artikel :  Cara Mengatasi Error Force Close pada saat Mengakses Google Form di WebView pada Kodular

2. Untuk membuka file dataset CSV setelah didapatkan dari Kaggle atau sumber lain, perhatikan ukuran file dataset CSV yang akan dibuka dengan spesifikasi CPU di laptop atau PC kamu. Spesifikasi CPU semakin tinggi, peluang membuka file dataset yang berukuran besar semakin besar.

3. Setelah dilakukan itu semua, maka kamu bisa memulai tutorial kali ini dalam menampilkan data terbatas dengan sistem pagination.

LINK ARTIKEL LAIN YANG BERKAITAN

Penulis memberikan tutorial dalam membuat fitur untuk menampilkan data terbatas yang bersumber dari data CSV secara sort asccending dengan pagination ke dalam aplikasi Android di Kodular. Untuk tutorial dalam menampilkan data pagination menggunakan Recycle View bawaan dari Kodular dan nanti kamu bisa melakukan kreasi sendiri dengan sesuai kebutuhan dalam membuat aplikasi Android.

1. Kunjungi situs App Creator Kodular.

2. Lakukan login seperti biasanya.

3. Klik Create project untuk membuat project baru.

4. Masukkan nama project dengan sesuai keinginan kamu, klik Next.

5. Aturlah tampilan Theme, UI, nama aplikasi, beserta nama paket Android dengan sesuai keinginan kamu, klik Finish.

6. Rancanglah tampilan aplikasi yang terdapat pada gambar di bawah ini.

7. Masukkan namaspace dari TinyDB dengan sesuai kebutuhan.

8. Klik ikon gambar di sebelah ikon pengaturan untuk melakukan upload dataset / data CSV tadi ke media assets.

9. Klik tombol Upload Assets.

10. Pilihlah dataset / data CSV yang telah kamu dapatkan dari Kaggle atau lainnya, klik OK / Open.

11. Klik ikon Close.

12. Klik Blocks.

13. Buatlah blok program untuk tempat menampung pagination data.

14. Buatlah blok program untuk tempat menampung list dari hasil konversi CSV.

15. Buatlah blok program untuk menampung data sorting.

16.Buatlah blok program untuk mendeteksi kesalahan / error yang berhubungan dengan Screen aplikasi.

17. Buatlah blok program untuk memilih dataset / data CSV yang telah diunggah ke Asset Manager pada saat membuka aplikasi pertama kali.

18. Buatlah blok program setelah memilih dataset / data CSV tadi.

19. Buatlah blok program untuk tombol tampil data pagination awal.

Baca juga artikel :  Cara Menampilkan Beberapa Gambar dari Google Drive Menjadi Slide Show di Kodular

20. Buatlah blok program untuk tombol tampil data pagination berikutnya.

21. Buatlah blok program untuk tombol tampil data pagination sebelumnya.

23. Lakukan ujicoba project tutorial tersebut baik itu pakai Companion maupun Install APK langsung (Export APK).

24. Silahkan kamu klik masing-masing tombol tampilan data pagination yang telah dibuat tadi dan lihat hasilnya sendiri. Pada saat proses awal pasti akan menampung data CSV ke dalam TinyDB biar bisa ditampilkan data secara berurutan (sort).

Selesai.

PENUTUP

Kamu telah bisa membuat fitur untuk menampilkan data terbatas secara berurutan (sort) dengan bantuan TinyDB sebagai simpanan data sementara terhadap sistem pagination ke dalam aplikasi Android di Kodular. Untuk media tampilan data pagination bisa menggunakan dynamic component atau list component seperti ListView, Spinner, dsb.

Tujuan dari ini ialah mencegah terjadi crash aplikasi yang disebabkan kebanyakan melakukan load dalam menampilkan data dari ribuan data yang ada di CSV. Oleh karena itu, dibuatkan sistem pagination untuk membatasi data yang ditampilkan dengan sesuai kebutuhan sistem aplikasi Android.

About Post Author

Dwi Lestari

Saya bukanlah penulis handal dan hanya menyampaikan sesuatu yang bisa disampaikan.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *