17 June 2024
0 0
Read Time:7 Minute, 27 Second

Artikel kali ini membahas tentang beberapa referensi buku atau ebook (buku elektronik) yang berkaitan dengan pembuatan aplikasi Android dengan App Inventor, Kodular, Thunkable (bisa membuat aplikasi mobile iOS), dsb yang bisa dijadikan sebagai media belajar secara teori dan praktek secara terstruktur.

Referensi ini cocok bagi kamu yang masih pemula, mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi atau TA (Tugas Akhir), Tesis, Disertasi, Jurnal, dan Karya Ilmiah lain yang membutuhkan referensi sebagai pendukung dalam penelitian.

Baca juga artikel :  Cara Membuat Bottom Navigation di Kodular

Tidak hanya itu, kamu juga bisa belajar dalam menciptakan aplikasi Android sendiri tanpa coding dengan App Inventor, Kodular, dsb secara otodidak melalui buku atau ebook yang telah dibuatkan oleh penulis untuk dijadikan acuan dalam belajar secara sistematis.

Beberapa referensi buku atau ebook tentang App Inventor, Kodular, dsb

Penulis memberikan beberapa referensi buku atau ebook yang bisa dijadikan rujukan dalam penelitian bagi mahasiswa atau dosen, atau pembelajaran bagi pemula tentang App Inventor, Kodular, dsb dalam membuat aplikasi Android secara teori maupun praktek. Untuk penulis dan penerbit dari buku ini bisa dilihat pada gambar dibawah.

1. Langkah Mudah Pemrograman Android Menggunakan App Inventor 2 Ultimate

Buku ini membahas fungsi-fungsi dari penggunaan tools, pallete, dan blok program dari dasar beserta implementasi secara praktek. Bagi kamu yang masih pemula atau awam dalam membuat aplikasi Android sendiri tanpa coding atau membutuhkan ilmu dasar tentang App Inventor, maka buku ini cocok untuk kamu yang disebabkan isi buku ini menjelaskan penggunaan tools, pallete dan blok program dari App Inventor yang sangat dasar sekali dan detail. Kamu bisa membeli buku fisik di Gramedia atau ebook di Google Play Books.

Baca juga artikel :  Cara Setup Konfigurasi Firebase di Kodular

2. Pemrograman Arduino & Android Menggunakan App Inventor.

Buku ini membahas tentang cara membuat aplikasi Android berbasis IoT dengan App Inventor dan Arduino dari dasar. Hal ini juga bisa diimplementasikan dengan menggunakan Kodular. Jadi, bagi kamu yang memiliki ide atau inovasi dalam membuat aplikasi Android berbasis IoT, buku ini cocok untuk kamu yang disebabkan isi buku ini menjelaskan penggunaan kode perintah Arduino yang diperlukan untuk menciptakan aplikasi Android berbasis IoT dengan App Inventor atau Kodular. Kamu bisa membeli buku fisik di Gramedia atau ebook di Google Play Books.

Baca juga artikel :  Cara Menggunakan Circular Progress di Kodular

3. Pemrograman Android & Database

Buku ini membahas tentang implementasi dalam membuat aplikasi Android dengan menggunakan database MySQL dan PHP sebagai koding backend (endpoint) pada App Inventor atau Kodular. Jadi, bagi kamu yang ingin membuat aplikasi Android berbasis sistem informasi dengan database MySQL dan PHP sebagai endpoint, maka buku ini cocok untuk kamu yang disebabkan isi buku ini menjelaskan penggunaan kode perintah PHP dan database MySQL yang dimulai dari dasar sampai CRUD pada App Inventor. Kamu bisa membeli buku fisik di Gramedia atau ebook di Google Play Books.

Baca juga artikel :  Cara Input Data dari Google Form dengan Kodular Berkonsep Multiple Choice

4. Aplikasi CRUD Berbasis Android Dengan Kodulae dan Database Airtable

Buku ini membahas tentang implementasi dalam membuat aplikasi Android dengan menggunakan database Airtable pada Kodular. Airtable itu semacam aplikasi spreadsheet seperti halnya Google Sheets. Spreadsheet ini biasanya dijadikan database karena dapat menghemat biaya server seperti database Hosting. Jadi, bagi kamu yang ingin membuat aplikasi Android berbasis sistem informasi dengan database Airtable, maka buku ini cocok untuk kamu yang disebabkan isi buku ini menjelaskan penggunaan fungsi blok program Airtable dari bawaan Kodular beserta query dari Airtable yang dimulai dari dasar sampai CRUD pada Kodular. Kamu bisa membeli ebook di Google Play Books.

Baca juga artikel :  Cara Upload Satu Ekstensi File ke Hosting / VPS tanpa FTP dengan Kodular

5. Berkreatifitas Dengan MIT App Inventor (Free)

Buku ini membahas fungsi-fungsi dari penggunaan tools, pallete, dan blok program yang berdasarkan aplikasi yang dibuat di dalam buku tersebut beserta implementasi secara praktek dalam kehidupan sehari-hari. Bagi kamu yang masih pemula atau awam dalam membuat aplikasi Android sendiri tanpa coding yang dapat diterapkan dalam pembuatan aplikasi Android untuk sehari-hari, maka buku ini cocok untuk kamu yang disebabkan isi buku ini menjelaskan penggunaan tools, pallete dan blok program dari App Inventor yang mendasar yang sering dibuat aplikasi untuk kegunaan sehari-hari. Kamu bisa mendapatkan  ebook secara gratis di Google Play Books.

Baca juga artikel :  Cara Input Tanggal dengan Date Picker di Kodular

6. Membuat Aplikasi Android Tanpa Coding dengan App Inventor

Buku ini membahas fungsi-fungsi dari penggunaan tools, pallete, dan blok program dari dasar beserta implementasi secara praktek. Bagi kamu yang masih pemula atau awam dalam membuat aplikasi Android sendiri tanpa coding atau membutuhkan ilmu dasar tentang App Inventor, maka buku ini cocok untuk kamu yang disebabkan isi buku ini menjelaskan penggunaan tools, pallete dan blok program dari App Inventor yang mendasar. Kamu bisa membeli buku fisik di Gramedia atau ebook di Google Play Books.

Baca juga artikel :  Cara Membuat Sign Up dan Login dengan TinyDB di Kodular

7. 10 Ide Aplikasi Bisnis dengan MIT App Inventor 2

Buku ini membahas 10 ide aplikasi Android yang dipergunakan untuk keperluan bisnis dengan menggunakan App Inventor 2. Bagi kamu yang masih mencari ide dalam membuat aplikasi Android tanpa coding dalam keperluan bisnis atau akademi (skripsi, karya ilmiah, penelitian, dll) dengan menggunakan App Inventor 2, maka buku ini cocok untuk kamu sambil belajar dalam membuat aplikasi Android sendiri secara otodidak. Kamu bisa membeli buku fisik di Gramedia atau ebook di Google Play Books.

Baca juga artikel :  Cara Upload Gambar yang Diambil dari Kamera ke Google Sheets di Kodular (UPDATE Februari 2024)

8. Tutorial Mudah Membuat Aplikasi Android Dengan MIT App Inventor (AI2)

Buku ini cocok bagi kamu yang ingin mencari sumber referensi buku dengan tahun terbit yang masih terbilang baru, terutama dalam resensi buku untuk penelitian, skripsi, jurnal, TA, dan hal-hal yang berkaitan dengan aktivitas akademis. Buku ini membahas seputar fungsi-fungsi dari penggunaan tools, pallete, dan blok program dari dasar beserta implementasi secara praktek dalam kehidupan sehari-hari. Kamu bisa membeli ebook di Google Play Books.

Baca juga artikel :  Penggunaan Folder dan Subfolder di Dalam Realtime Database Firebase pada Kodular

9. App Inventor 2 Introduction: Step-by-step guide to creating Android apps the easy way

Buku ini berbahasa Inggris sebagai pengantar buku. Buku ini membahas pengenalan dasar tentang App Inventor yang dimulai dari Tools, Pallete, sampai dengan blok program yang lumayan singkat. Bagi kamu yang ingin mencari referensi atau resensi buku dalam bahasa Inggris, maka buku ini cocok bagi kamu untuk dijadikan rujukan dalam referensi buku tentang App Inventor mulai dari Dasar untuk keperluan akademis atau penelitian. Buku ini juga bisa dipelajari oleh pemula karena disitu akan dijelaskan secara singkat tetapi mudah dimengerti. Kamu bisa membeli ebook di Google Play Books.

Baca juga artikel :  Cara Mengakses Server Lokal (Localhost) XAMPP dari Kodular

10. App Inventor 2 Advanced Concepts: Step-by-step guide to Advanced features including TinyDB

Buku ini berbahasa Inggris sebagai pengantar buku. Buku ini membahas penggunaan TinyDB yang menjadi salah satu database storage yang disediakan oleh App Inventor 2 yang bisa menghasilkan suatu aplikasi Android. Bagi kamu yang ingin mencari referensi atau resensi buku dalam bahasa Inggris, maka buku ini cocok bagi kamu untuk dijadikan rujukan dalam referensi buku tentang penggunaan TinyDB pada App Inventor untuk keperluan akademis atau penelitian. Buku ini juga bisa dipelajari oleh pemula atau menengah karena disitu akan dijelaskan secara singkat tetapi mudah dimengerti. Kamu bisa membeli ebook di Google Play Books.

Baca juga artikel :  Cara Setup Konfigurasi Firebase di Kodular

11. App Inventor 2 Databases and Files: Step-by-step guide to TinyDB, TinyWebDB, Fusion Tables, and Files

Buku ini berbahasa Inggris sebagai pengantar buku. Buku ini membahas penggunaan TinyDB, TinyWebDB, Fusion Tables, and Files yang menjadi salah satu database storage yang disediakan oleh App Inventor 2 yang bisa menghasilkan suatu aplikasi Android. Bagi kamu yang ingin mencari referensi atau resensi buku dalam bahasa Inggris, maka buku ini cocok bagi kamu untuk dijadikan rujukan dalam referensi buku tentang penggunaan database dan storage lokal pada App Inventor untuk keperluan akademis atau penelitian. Pada buku ini biasanya membuat aplikasi yang melibatkan file dan storage seperti galeri atau mp3 player. Buku ini juga bisa dipelajari oleh pemula atau menengah karena disitu akan dijelaskan secara singkat tetapi mudah dimengerti. Kamu bisa membeli ebook di Google Play Books.

Baca juga artikel :  Cara Input Data dari Google Form dengan Kodular Berkonsep Multiple Choice

12. App Inventor 2 Graphics, Animation & Charts: Step-by-step guide to Graphics, Animation, and Charts

Buku ini berbahasa Inggris sebagai pengantar buku. Buku ini membahas penggunaan salah satu Pallete Animation & Drawing yang disediakan oleh App Inventor 2 yang bisa menghasilkan suatu aplikasi Android. Bagi kamu yang ingin mencari referensi atau resensi buku dalam bahasa Inggris, maka buku ini cocok bagi kamu untuk dijadikan rujukan dalam referensi buku tentang penggunaan salah satu Pallete Animation & Drawing pada App Inventor untuk keperluan akademis atau penelitian. Pada buku ini biasanya membuat aplikasi yang berkaitan dengan tampilan statistik, media pembelajaran, atau game yang mementingkan tampilan visual atau objek gambar. Buku ini juga bisa dipelajari oleh pemula atau menengah karena disitu akan dijelaskan secara singkat tetapi mudah dimengerti. Kamu bisa membeli ebook di Google Play Books.

Baca juga artikel :  Cara Mengakses Server Lokal (Localhost) XAMPP dari Kodular

PENUTUP

Ada beberapa referensi buku atau ebook tentang App Inventor 2, Kodular, dsb. Memang, dari segi tools itu lebih banyak Kodular. Namun, untuk referensi penggunaan tools, pallete, dan blok program ini masing-masing tidak sepanjang App Inventor. Dari segi jumlah buku atau ebook, App Inventor 2 yang masih mendominasi dari Kodular.

Intinya, kamu belajar secara teoritis tentang pembuatan aplikasi Android tanpa koding baik itu memakai App Inventor 2, Kodular, atau sejenisnya rata-rata penjelasan itu sama sehingga bagi kamu yang ingin belajar Kodular langsung, tidak usah bingung. Apalagi, kamu sebelumnya telah belajar App Inventor 2 duluan, baru migrasi ke Kodular yang dimana memiliki fitur jauh lebih banyak. Terkadang, kamu membutuhkan referensi buku pendahulu dalam keperluan akademis atau penelitian.

BACA ARTIKEL LAIN

Baca juga artikel :  Cara Membuat Sign Up dan Login dengan TinyDB di Kodular
Baca juga artikel :  Cara Upload Gambar yang Diambil dari Kamera ke Google Sheets di Kodular (UPDATE Februari 2024)
Baca juga artikel :  Cara Membuat Bottom Navigation di Kodular
Baca juga artikel :  Cara Menggunakan Circular Progress di Kodular
Baca juga artikel :  Cara Input Tanggal dengan Date Picker di Kodular

About Post Author

Dwi Lestari

Saya bukanlah penulis handal dan hanya menyampaikan sesuatu yang bisa disampaikan.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
100 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *