17 June 2024
0 0
Read Time:2 Minute, 7 Second

Artikel kali ini membahas dalam memberikan tutorial yang lebih ke tips dalam melakukan konversi waktu yang bersumber dari komponen Clock yang dimana tipe data asalnya itu DateTime sehingga ada beberapa extension dari pihak yang menyediakan method atau function dari beberapa komponen yang bersifat validasi atau kelola CRUD data yang menimbulkan error Runtime atau Force Close jika parameter tersebut dimasukkan ke dalam data clock tersebut.

Oleh karena itu, untuk mencegah terjadi error atau antisipasi agar dapat minimalisir error di Aplikasi dengan Kodular. Kamu bisa menggunakan komponen Label sebagai media bantuan dalam melakukan konversi waktu dari Clock ke Teks String melalui Label.

Error Runtime atau Force Close (Error yang memaksa tutup aplikasi) yang merupakan salah satu tipe error yang sering terjadi dalam pembuatan aplikasi Android yang diakibatkan dari kesalahan program, kesalahan dalam pemberian tipe data, dan sebagainya. Walaupun kelihatan sepele, tapi serem juga apabila aplikasi tersebut telah banyak digunakan oleh pengguna.

Seperti kita ketahui, Kodular tidak memiliki tipe data yang sangat spesifik dalam kategori karakter sehingga lumayan kewalahan dalam melakukan parse dari tipe data ke tipe data yang berbeda sebagai isi/ value data yang akan dimasukkan ke dalam parameter yang disediakan blok program pada extension tambahan.

CARA DALAM IMPLEMENTASI

Disini kamu bisa melihat dalam melakukan implementasi untuk konversi atau parse data waktu dari komponen Clock ke teks String melalui komponen Label yang terdapat pada gambar di bawah ini.

Dengan menggunakan blok program yang diatas, data waktu telah berubah otomatis menjadi data teks atau data string sehingga lebih mudah dalam melakukan CRUD data ke database atau data store sementara seperti TinyDB atau Redis (jika menggunakannya) di server manapun.

Baca juga artikel :  Penjelasan Bagian Layout pada Kodular

Setelah itu, komponen Label tersebut kamu bisa menyembunyikan label tersebut menjadi Invisible dengan menggunakan blok program yang terdapat pada di bawah ini

Menggunakan blok program Visible() ke dalam blok program Screen1.Initialize() atau <namaScreen>.Initialize(). Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menyembunyikan tampilan data waktu pada Label seolah-olah gak ada tampilan teks apa-apa di dalam aplikasi.

Kamu bisa juga menyembunyikan tampilan Label melalui Properties dengan menghilangkan centang pada bagian Visible.

Apalagi kamu membuat sistem atau fitur yang bersifat form data (pengisian data) dengan menggunakan data waktu sebagai timestamp, ketentuan waktu dari jarak tertentu seperti upcoming, event, dsb.

PENUTUP

Ada beberapa extension dari pihak ketiga yang memiliki beberapa blok program yang bersifat validasi atau kelola data seperti CRUD data yang dimana sering terjadi error Runtime atau Force Close pada saat blok tersebut diproses sehingga mengganggu dalam pengujian aplikasi yang telah dibuat dengan Kodular atau App Inventor.

Tutorial dalam melakukan secara praktek ini mudah sekali… Semoga bermanfaat.

About Post Author

Dwi Lestari

Saya bukanlah penulis handal dan hanya menyampaikan sesuatu yang bisa disampaikan.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *