14 April 2024
0 0
Read Time:4 Minute, 0 Second

Image Picker yang merupakan salah satu widget yang berfungsi untuk memilih satu atau beberapa gambar yang akan dimasukkan ke dalam aplikasi Android seperti Galeri. Fitur Image Picker ini juga dimiliki oleh Kodular dalam membantu kamu dalam membuat aplikasi Android sendiri.

Image Picker ini bisa mengambil atau memilih satu atau beberapa gambar yang diambil dari galeri foto atau gambaer yang tersimpan di storage internal pada HP Android maupun storage eksternal (ada beberapa merk atau vendor Android yang tidak mengizinkan akses permission penggunaan storage eksternal, terutama versi Android yang tinggi). Setelah dipilih gambar tersebut, maka gambar tersebut bisa ditampilkan ke dalam aplikasi Android dengan memakai Image View untuk melihat hasil pemilihan gambar.

Hal ini biasanya dipakai untuk membuat aplikasi Android yang berkaitan dengan upload gambar atau foto seperti upload gambar fotocopy KTP, upload pas foto, upload gambar seni, dan sebagainya dan akan dikirimkan ke server yang mendukung.

Baca juga artikel :  Cara Upload Gambar yang Diambil dari Kamera ke Google Sheets di Kodular (UPDATE Februari 2024)

Penulis memberikan tutorial untuk menggunakan Image Picker dalam memilih gambar yang diambil dari galeri yang ada di dalam HP Android dan ditampilkan ke dalam aplikasi tersebut dengan bantuan Image View di Kodular. Untuk penampilan gambar ke dalam aplikasi yang khusus versi Android 11, pasti ada perbedaan sedikit dalam penulisan file direktori.

LANGKAH-LANGKAH

1. Kunjungi situs c.kodular.io

2. Lakukan login secara manual maupun OAtuh System dengan benar.

3. Klik Create Project untuk membuat project baru untuk menggunakan Image Picker di dalam aplikasi Android.

4. Berikan nama project yaitu useimagepicker1, klik Next.

5. Untuk pengaturan tampilan UI aplikasi, Package Name, dan lainnya itu dibiarkan saja dan langsung klik Finish. Tunggu beberapa saat sampai muncul tampilan kerja.

6. Aturlah tata letak khusus Screen Utama menjadi tengah semua.

7. Buatlah rancangan tampilan aplikasi yang akan menampilkan gambar yang setelah dipilih dari Image Picker di aplikasi Android.

Keterangan dari Penggunaan Komponen yang Diatas

  • Label (lblversi) yang digunakan untuk menampilkan pendeteksian versi Android yang sedang digunakan di dalam aplikasi.
  • Label (lblfile) yang digunakan untuk menampilkan tulis file gambar di dalam direktori smartphone Android yang berdasarkan pendeteksian versi Android.
  • Image (Image1) yang digunakan untuk menampilkan gambar dari pemilihan gambar / foto dari Image Picker.
  • Image Picker (imgpicker) digunakan untuk memilih / mengambil gambar dari galeri di HP Android.
  • Device Utilities (androiddetect) digunakan untuk mendeteksi versi Android yang sedang digunakan di dalam aplikasi.
Baca juga artikel :  CRUD Firebase DB Kodular Edit Data

8. Klik Blocks.

9. Buatlah blok program untuk sebuah variabel yang berguna untuk menampung versi Android yang sedang digunakan pada smartphone Android.

10. Buatlah blok program untuk pertama kali dalam membuat aplikasi yang dimana melakukan pendeteksian versi Android yang sedang digunakan aplikasi tersebut.

11. Buatlah blok program untuk menampilkan gambar ke dalam Image View setelah memilih gambar dengan Image Picker yang diambil dari galeri gambar di HP Android dengan sesuai versi Android yang sedang digunakan di dalam aplikasi.

Jika hasil pendeteksian versi Android yang sedang digunakan di dalam aplikasi itu menyatakan versi Android 11 atau ke atas (akan mendatang), maka harus diawali dengan kata “file://” dan diikuti dengan tulisan pengambilan gambar setelah dipilih melalui Image Picker.

12. Klik Test >>> Connect to Companion.

Baca juga artikel :  Cara Menggunakan Dynamic Card View di Kodular

13. Masukkan kode Companion ke dalam Aplikasi Kodular Companion yang terpasang di Android.

UNTUK VERSI ANDROID 11 ATAU KEATAS (AKAN MENDATANG)

Tulisan file direktori yang berisi gambar yang akan ditampilkan ke dalam Image View ini ada sedikit perbedaan yang dimana harus diawali dengan tulisan “file://” dan diikuti dengan tulisan file direktori yang sesuai dengan pengambilan gambar dengan bantuan Image Picker. Kamu bisa melihat perbandingan terhadap tulisan file direktori yang akan mempengaruhi tampilan gambar di dalam Image View.

VERSI ANDROID 10 ATAU KEBAWAH :

/storage/0/[nama direktori]/[nama file gambar]

VERSI ANDROID 11 ATAU KEATAS (AKAN MENDATANG) :

file:///storage/0/[nama direktori]/[nama file gambar]

TAMPILAN HASIL AKHIR

Pada poin ini akan memberikan hasil pengujian aplikasi Android yang telah dibuat tadi yaitu pemilihan gambar dengan Image Picker menggunakan Kodular.

1. Tampilan Hasil Awal.

Pada tampilan hasil diatas dapat mendeteksi versi Android yang sedang digunakan di dalam aplikasi.

2. Tampilan Hasil setelah Pemilihan Gambar dari Galeri dengan Image Picker. Ini pengujian dengan menggunakan HP Android yang Versi 9 (Android Pie).

Pada tampilan hasil diatas dapat menampilkan gambar beserta tulisan file direktori yang diambil dari Galeri dengan Image Picker. Untuk penampilan tulisan file direktori khusus HP Android yang versi 11 keatas ada perbedaan sedikit (penulis tidak bisa berikan tampilan hasil tersebut karena belum memiliki HP Android versi 11 😁).

Selesai.

PENUTUP

Apabila kamu ingin menambahkan fitur atau layanan untuk melakukan upload gambar atau foto yang diambil dari tempat galeri di dalam smartphone Android ke aplikasi Android buatan sendiri, maka bisa menggunakan widget Image Picker yang terdapat pada Kodular.

Baca juga artikel :  Cara Membuat Sign Up dan Login dengan TinyDB di Kodular

Pada Android 11 atau keatas (akan mendatang), tulis file direktori untuk menampilkan gambar yang dihasilkan dari image Picker ini ada perbedaan sedikit dari versi Android sebelumnya. Kamu bisa melihat blok program yang terdapat pada langkah ke-11.

BACA ARTIKEL LAIN

Baca juga artikel :  Penggunaan Folder dan Subfolder di Dalam Realtime Database Firebase pada Kodular
Baca juga artikel :  Keterangan dari Block Program Firebase Database pada Kodular
Baca juga artikel :  Cara Download Lagu dari Google Drive di Kodular
Baca juga artikel :  Cara Cek atau Deteksi Jaringan Internet di Kodular
Baca juga artikel :  Cara Menampilkan Beberapa Gambar dari Google Drive Menjadi Slide Show di Kodular

About Post Author

Dwi Lestari

Saya bukanlah penulis handal dan hanya menyampaikan sesuatu yang bisa disampaikan.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
100 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

One thought on “Cara Memilih Gambar dengan Image Picker di Kodular

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *