17 June 2024
0 0
Read Time:3 Minute, 32 Second

Bottom Navigation yang merupakan salah satu komponen atau widget yang termasuk kategori menu yang biasanya menu navigation terletak di bawah layar aplikasi Android. Bottom Navigation ini biasanya digunakan untuk mengambil beberapa komponen yang memiliki fungsi secara terpisah. Tetapi, beberapa konten tersebut berada di satu activity atau screen sehingga melakukan pemilihan salah satu komponen yang akan ditampilkan terhadap aplikasi tersebut melalui bottom navigation.

Bottom Navigation ini biasanya terdapat pada bagian halaman atau activity Home, Katalog, Profil, Feature Now, dan beberapa konten yang bersifat sangat penting lainnya. Bottom ini digunakan untuk mempermudah pengguna aplikasi Android untuk membuka fitur atau layanan lain. Selain itu, ini juga bisa menambah nilai tampilan UI / UX yang terdapat pada aplikasi Android.

Penulis memberikan tutorial untuk membuat fitur atau layanan bottom navigation dengan Kodular dalam pembuatan aplikasi Android. Satu bottom navigation ini biasanya diisi dua sampai 4 sub menu, tergantung dari ukuran layar HP Android.

Baca juga artikel :  Cara Upload Gambar yang Diambil dari Kamera ke Google Sheets di Kodular (UPDATE Februari 2024)

LANGKAH-LANGKAH

1. Kunjungi situs c.kodular.io

2. Lakukan login secara manual maupun OAtuh System dengan benar.

3. Klik Create Project untuk membuat project baru khusus event klik Label.

4. Berikan nama project yaitu bottomnav1, klik Next.

5. Untuk pengaturan tampilan UI aplikasi, Package Name, dan lainnya itu dibiarkan saja dan langsung klik Finish. Tunggu beberapa saat sampai muncul tampilan kerja.

6. Aturlah tata letak khusus Screen Utama menjadi tengah semua.

7. Isikan 3 layout horizontal atau vertikal, terserah kamu. Hal ini dibuat untuk membedakan satu sub menu dengan sub menu yang terdapat di menu bottom navigation pada saat melakukan klik salah satu sub menu tersebut.

8. Berikan warna background kepada masing-masing layout yang berbeda agar bisa membedakan sub menu yang telah diklik.

9. Masukkan komponen Bottom Navigation ke dalam Screen yang terletak di bawah layout yang berwarna hijau.

10. Klik Blocks.

11. Buatlah blok program untuk prosedur khusus Sub Menu 1.

12. Buatlah blok program untuk prosedur khusus Sub Menu 2.

13. Buatlah blok program untuk prosedur khusus Sub Menu 3.

14. Buatlah blok program untuk pada saat membuka aplikasi pertama kali. Disitu akan menampilkan tampilan layout yang berwarna ungu.

Pada blok program yang diatas terdapat 3 sub menu dengan berikan kode ID beserta judul sub menu yang berbeda. Sedangkan, untuk gambar atau ikon sub menu itu masih kosong. Apabila, kamu ingin memakai gambar atau logo di sub menu, maka harus upload gambar ke dalam media Asset terdahulu.

15. Buatlah blok program untuk menampilkan salah satu sub menu di dalam bottom navigation pada saat menekan salah satu sub menu tersebut. Apabila kamu menekan salah satu sub menu yang terdaftar di bagian Screen Initialize, maka event ini berfungsi dengan benar.

Pada blok program yang diatas, kamu bisa menggunakan parameter ID atau title untuk menentukan dalam suatu terjadi dalam aplikasi Android jika kamu menekan salah satu sub menu yang ada di dalam Bottom Navigation bagian Item Selected. Setelah ditekan salah satu sub menu, menampilkan satu layout yang sesuai instruksi dan layout lain disembunyikan.

16. Klik Test >>> Connect to Companion.

17. Masukkan kode Companion ke dalam Aplikasi Kodular Companion yang terpasang di Android.

Baca juga artikel :  Cara Menggunakan Circular Progress di Kodular

TAMPILAN HASIL AKHIR

Pada bagian ini akan menampilkan hasil pembuatan menu bottom navigation di dalam aplikasi Android dengan Kodular.

1. Tampilan hasil pada saat membuka aplikasi.

2. Tampilan hasil pada saat mengklik Sub Menu 2.

3. Tampilan hasil pada saat mengklik Sub Menu 3.

Selesai.

Kamu juga bisa mengurangi atau menambahi beberapa sub menu ke dalam bottom navigation melalui blok program yang telah disediakan oleh Kodular selama kapasitas kosong di bottom navigation masih ada. Usahakan, jangan memberikan judul sub menu itu panjang-panjang, cukup satu kata atau dua kata tetapi singkat saja.

Baca juga artikel :  Cara Input Tanggal dengan Date Picker di Kodular

PENUTUP

Kamu bisa membuat menu bottom navigation ke dalam aplikasi Android sendiri dengan menggunakan Kodular dalam mempermudah pengguna lain untuk membuka atau fitur layanan yang banyak tersembunyi di dalam aplikasi Android. Main sistem sembunyi banyak layout ini dilakukan dalam menghindari banyak penggunaan Screen dalam satu aplikasi Android yang dimana semakin banyak Screen, semakin berat performa Kodular di dalam satu project.

Kamu bisa mengisi beberapa sub menu ke dalam Bottom Navigation dengan kebutuhan aplikasi Android kamu yang dapat menghasilkan produk aplikasi Android yang bisa dipakai oleh banyak pengguna gadget, terutama Android. Komponen pendukung bottom navigation ini semuanya telah disediakan oleh Kodular

BACA ARTIKEL LAIN

Baca juga artikel :  Cara Memberikan Transparent Color untuk Object dengan Blok Program di Kodular
Baca juga artikel :  Cara Memasukkan Video Youtube ke Aplikasi dengan Kodular
Baca juga artikel :  Cara Upload Gambar dari Kamera ke Cloudinary dengan Kodular
Baca juga artikel :  Cara Mengatur Minimal SDK Level di Kodular
Baca juga artikel :  Cara Menghapus Keystore di Kodular

About Post Author

Dwi Lestari

Saya bukanlah penulis handal dan hanya menyampaikan sesuatu yang bisa disampaikan.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *