25 September 2023
0 0
Read Time:1 Minute, 53 Second

Artikel kali ini membahas keterangan beserta fungsi dari masing-masing blok program dari kategori Logic. Kategori ini berfungsi untuk melakukan logika dalam suatu kejadian dengan sistem kerja program yang meliputi, memberikan keputusan atau nilai benar atau salah (true or false), memberikan perbandingan antara satu komponen atau karakter dengan komponen atau karakter lain (= atau ≠), atau memberikan penilaian berdasarkan gerbang logika AND (salah satu bernilai salah, maka hasilnya false) atau OR (salah satu bernilai salah, maka hasilnya true).

Kamu bisa melihat beberapa fungsi dari penggunaan Block Program utama yang terdapat di bagian Bulit pada Kodular yang dimana ada beberapa blok program tersebut yang belum diketahui oleh kamu untuk fungsi dalam penggunaan blok program utama tersebut dalam membuat program aplikasi Android.

Baca juga artikel :  Cara Membuat Circle Button dari Card View di Kodular

LIST BLOCK PROGRAM LOGIC

Blok program yang berfungsi untuk memberikan nilai true atau benar ke dalam komponen atau variabel pada blok program.

Blok program yang berfungsi untuk memberikan nilai false atau salah ke dalam komponen atau variabel pada blok program.

Blok program yang berfungsi untuk memberikan nilai NOT ke dalam komponen atau variabel pada blok program.

Blok program yang berfungsi untuk memberikan perbandingan satu komponen atau variabel dengan komponen atau variabel lain itu sama dengan (=).

Blok program yang berfungsi untuk memberikan perbandingan satu komponen atau variabel dengan komponen atau variabel lain itu tidak sama dengan (≠).

Blok program yang berfungsi untuk memberikan keputusan yang dimana salah satu kondisi yang tidak sesuai atau nilai false (salah), maka hasil akhir (nilai) menjadi false.

Blok program yang berfungsi untuk memberikan keputusan yang dimana salah satu kondisi yang tidak sesuai atau nilai false (salah), maka hasil akhir (nilai) menjadi true..

CONTOH PENGGUNAAN BLOCK PROGRAM LOGIC

Contoh 1 :

Contoh penggunaan blok program Logic NOT yang dimana akan memeriksa apa isi teks dari TextBox 1 itu tidak kosong(?). Hal ini biasanya dipakai di dalam pemberian keputusan pada suatu kondisi (IF-THEN / IF-ELSE).

Contoh 2 :

Contoh penggunaan blok program TRUE yang dimana Button 1 itu ditampilkan ke dalam aplikasi Android. Hal ini terjadi karena pemberian nilai visible dari Button yaitu true.

Baca juga artikel :  Cara Menghapus Keystore di Kodular

Demikian dari artikel yang bisa menyampaikan dalam mengenai fungsi dari masing-masing penggunaan blok program yang bagian Bulit pada Kodular yang dapat membantu kamu dalam mengasah dalam berlogika pada saat membuat program aplikasi Android sendiri.

BACA ARTIKEL LAIN

Baca juga artikel :  Cara Menampilkan Ukuran File dari Image Picker di Kodular
Baca juga artikel :  Cara Membuat Spinner di Kodular
Baca juga artikel :  Cara Membuat Sign Up dan Login dengan TinyDB di Kodular
Baca juga artikel :  Cara Ganti Logo Aplikasi Android di Kodular
Baca juga artikel :  Blok Program Screen Ask For Permission di Kodular atau App Inventor

About Post Author

Dwi Lestari

Saya bukanlah penulis handal dan hanya menyampaikan sesuatu yang bisa disampaikan.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *