17 June 2024
0 0
Read Time:3 Minute, 39 Second

Artikel kali ini membahas tentang fungsi atau penggunaan dalam beberapa blok program Firebase Database yang terdapat pada Kodular. Firebase sendiri salah satu layanan Google yang diperuntukkan untuk manajemen database NoSQL sehingga mudah dikelola, fleksibel, tidak berat proses data, dan biaya jauh lebih murah bahkan ada yang gratis.

Firebase ini biasanya digunakan untuk mengelola database yang bersifat simpel dan ringan bahkan database tersebut bisa digunakan secara offline (tanpa internet) jika kamu mengerti dalam konfigurasi database tersebut pada Firebase.

Penulis memberikan penjelasan tentang fungsi atau kegunaan dari masing-masing blok program yang berkaitan dengan Firebase Database.

LIST BLOK PROGRAM

Disini ada terdapat beberapa blok program Firebase Database yang bisa kamu gunakan dalam membuat aplikasi Android dengan Firebase sebagai database-nya.

1. Data Changed

Blok program ini berfungsi untuk memberikan statement atau pernyataan suatu program setelah diproses dalam perubahan data dari Firebase.

2. First Removed

Blok program ini berfungsi untuk memberikan statement atau pernyataan suatu program setelah diproses penghapusan data tag yang pertama dari Firebase.

3. Got Value

Blok program ini berfungsi untuk memberikan statement atau penyataan suatu program setelah mendapatkan data tag dan value dari pemilihan data tag terhadap aplikasi.

4. Firebase Error

Blok program ini berfungsi untuk memberikan atau menyampaikan kesalahan dalam melakukan eksekusi terhadap program firebase seperti pengambilan data, konfigurasi database, dsb.

5. Tag List

Blok program ini berfungsi untuk menampung seluruh data tag dari database Firebase ke dalam bentuk list. Untuk wadah penumpangan data bisa pakai ArrayList (blok program yang warna biru mudah), Dictionary (blok program yang berwarna biru tua), atau ListView / Recycle View.

Baca juga artikel :  Beberapa Kode Perintah dari Google Apps Script beserta Fungsinya

6. Append Value

Blok program ini berfungsi untuk menambahkan value baru dari data tag yang dipilih terhadap database Firebase.

7. Clear Tag

Blok program ini berfungsi untuk menghapus seluruh data dari data tag yang dipilih terhadap database Firebase.

8. Get Tag List

Blok program ini berfungsi untuk melakukan proses untuk menampilkan seluruh data tag yang ada di dalam Firebase.

9. Unauthenticate

Blok program ini berfungsi untuk menonaktifkan fitur otentikasi yang intergrasi dengan Google OAUth dalam melakukan login aplikasi dengan database Firebase.

10. Get Value

Blok program ini berfungsi untuk memilih satu data tag yang akan ditampilkan data value tersebut melalui blok program Got Value.

11. Go Offline

Blok program ini berfungsi untuk melakukan konfigurasi agar seluruh data yang tersimpan di dalam Firebase bisa diakses secara offline (tanpa koneksi internet). Hal ini biasanya melakukan unduh data secara background system.

12. Go Online

Blok program ini berfungsi untuk melakukan konfigurasi agar seluruh data yang tersimpan di dalam Firebase bisa diakses secara online.

13. Remove First

Blok program ini berfungsi untuk menghapus data pertama dari data tag yang dipilih terhadap database Firebase.

14. Store Value

Blok program ini berfungsi untuk membuat data tag baru dengan berisi value yang telah ditentukan akan disimpan ke dalam database FIrebase.

15. get Firebase Token

Blok program ini berfungsi untuk mengambil atau menampilkan data nilai Firebase Token ke dalam data teks, list, atau objek terhadap aplikasi Android.

16. set Firebase Token

Blok program ini berfungsi untuk memasukkan kode Firebase Token yang didapatkan dari project bucket Firebase Database.

17. get Firebase URL

Blok program ini berfungsi untuk mengambil atau menampilkan data alamat URL atau endpoint Firebase Database ke dalam data teks, list, atau objek terhadap aplikasi Android.

Baca juga artikel :  Tipe Input Text yang Terdapat pada Text Box di Kodular

18. set Firebase URL

Blok program ini berfungsi untuk memasukkan alamat URL atau endpoint Firebase Database yang didapatkan dari project bucket Firebase Database.

19. get Project Bucket

Blok program ini berfungsi untuk mengambil atau menampilkan data Project Bucket dari Firebase Database.

20. set Project Bucket

Blok program ini berfungsi untuk memasukkan nama Project Bucket yang didapatkan dari Firebase.

21. Firebase Database

Blok program ini Firebase Database dijadikan sebagai komponen objek.

PENUTUP

Ada terdapat fungsi atau penggunaan dari masing-masing blok program khusus Firebase Database yang bisa digunakan dengan sesuai kebutuhan dalam membuat aplikasi Android dengan Firebase sebagai database-nya pada Kodular.

Berharap dengan membuat artikel ini kamu lebih memahami dalam penggunaan blok program secara teori yang dimana kebanyakan bisa melakukan praktek dalam menggunakan blok program khusus Firebase Database tetapi kurang memahami dalam fungsi pada masing-masing blok program tersebut.

Semoga bermanfaat.

DAPATKAN AIA CRUD FIREBASE + PANDUAN BUKU FISIK

Kamu bisa mendapatkan source code AIA tentang CRUD Firebase sederhana beserta penjelasannya dalam bentuk buku versi cetak fisik / kertas yang telah dibuatkan oleh penulis sendiri sehingga bisa pelajari dimana saja. Bisa klik tombol di bawah untuk order.

About Post Author

Dwi Lestari

Saya bukanlah penulis handal dan hanya menyampaikan sesuatu yang bisa disampaikan.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *