26 July 2024
0 0
Read Time:2 Minute, 9 Second

Artikel kali ini membahas tentang tutorial dalam mendapat kode API key, Secret Key, dan Cloud Name dari layanan cloud storage yakni Cloudinary. Cloudinary merupakan salah satu layanan cloud storage yang memiliki fungsi sama dengan Google Drive. Bedanya, Cloudinary lebih leluasa dalam melakukan penggunaan Developer dalam membuat fitur di dalam aplikasi seperti upload gambar, OCR, AI Translation, dan sebagainya dengan beberapa bahasa pemrograman yang mendukungnya.

Penulis ini memfokuskan untuk mendapatkan kode API key, Secret Key, dan Cloud Name dari Cloudinary secara gratis dengan menaati ToS dalam ambang batas penggunaan storage. Apabila kamu melakukan upload file media dalam memakan kapasitas ukuran file yang melewati batas ruang kosong kapasitas storage yang langganan gratisan, maka tidak bisa diproses upload tersebut.

Kode ID ini sangat berguna untuk kamu yang ingin membuat atau menambahkan fitur untuk upload file media ke dalam Cloudinary bagi pembuat aplikasi Android dengan Kodular, App Inventor, dan kawan-kawan. Penulis memberikan tutorial dalam mendapatkan kode API key, Secret Key, dan Cloud Name dari Cloudinary yang akan digunakan di Kodular, App Inventor, dan kawan-kawan.

File media disini maksudnya file-file yang hanya digunakan sebagai media (image, audio, video, compress file, dokumen, dll) dan tidak ada berkaitan dengan program baik itu intergrasi dengan API maupun layanan Cloud Storage to Web Hosting, dan sebagainya.

LANGKAH-LANGKAH

1. Kunjungi situs Cloudinary.

2. Klik Login atau Sign Up for Free (bagi yang belum memiliki akun Cloudinary).

3. Lakukan login seperti biasa baik itu cara manual atau melalui SSO / Oauth.

4. Berikut tampilan dashboard Cloudinary yang dimana kamu bisa melihat kode API key, Secret Key, dan Cloud Name pada gambar di bawah ini.

5. Kamu bisa menyalin ketiga kode diatas dari Cloudinary dan tempelkan ke dalam extension Cloudinary yang terpasang di dalam project aplikasi di Kodular, App Inventor, dan kawan-kawan. Disini juga tersedia kolom input data dengan sesuai tempatnya.

Selesai.

Baca juga artikel :  Beberapa Kode Perintah dari Google Apps Script beserta Fungsinya

Jadi, kamu bisa melakukan eksplorasi dalam menambahkan fitur upload file media ke layanan cloud Storage Cloudinary dengan sesuai kebutuhan dalam pembuatan aplikasi Android dengan Kodular atau dkk sebagai tools andalan.

Kamu bisa membaca artikel dalam penggunaan extension Cloudinary pada Kodular di bawah ini.

PENUTUP

Kamu bisa menggunakan layanan cloud storage Cloudinary secara gratis sebagai media penyimpanan untuk tampungan beberapa file media yang akan disesuaikan dengan fitur sistem dalam upload file media dari aplikasi Android dengan sesuai kebutuhan di Kodular, App Inventor, dan kawan-kawan.

Ada kemungkinan kamu bisa menggunakan Cloudinary di REST API dalam bahasa pemrograman yang sering digunakan oleh pembuat aplikasi sebagai coding backend atau endpoint seperti PHP, Python, atau JavaScript.

About Post Author

Dwi Lestari

Saya bukanlah penulis handal dan hanya menyampaikan sesuatu yang bisa disampaikan.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *