26 July 2024
0 0
Read Time:2 Minute, 7 Second

Artikel kali ini membahas tutorial untuk memberikan warna transparan kepada beberapa objek atau komponen seperti Label, Button, Card View, Layout, dan sebagainya di aplikasi Android dengan menggunakan Kodular. Terkadang beberapa object di dalam aplikasi Android diberikan warna latar belakang (background) sedikit transparan yang disebabkan warna background pada Screen itu sama warnanya.

Object disini bermaksud kepada komponen UI (User Interface) yang sangat penting dalam merancang tampilan UI aplikasi Android yang bisa menghasilkan suatu produk aplikasi Android yang menarik dan enak dipandang oleh pengguna aplikasi.

Baca juga artikel :  Penjelasan Bagian Media pada Kodular

Hal ini dilakukan agar dapat menghasilkan tampilan UI aplikasi Android yang enak dilihat atau dipandang oleh pengguna aplikasi karena melakukan pemilihan warna transparansi terhadap beberapa object seperti button, button untuk pemilihan tanggal lahir, layout yang diberikan gambar atau image (biasanya membuat aplikasi media pembelajaran).

BLOK PROGRAM UTAMA

Block program ini dinamakan Make Color. Pada blok program tersebut terdiri dari 4 list yang dimana memiliki fungsi masing-masing untuk menentukan tingkat warna merah (R), warna hijau (G), warna biru (B), dan transparansi (A). Cara membaca list ini mulai dari atas sampai bawah sebagai berikut:

  • List 1 = R
  • List 2 = G
  • List 3 = B
  • List 4 = A

Jika kamu tidak memberikan transparansi terhadap object tertentu, maka kamu bisa memberikan nilai “0” di list 4.

CONTOH MENGGUNAKAN BLOK PROGRAM

STUDI KASUS MINI

Kamu membuat suatu formulir untuk pendaftaran anggota atau member aktif di kegiatan relawan ABCV secara online melalui aplikasi Android, maka kamu membutuhkan validasi data untuk memberikan tanda yang dapat memudahkan pengguna untuk melakukan pendaftaran tersebut.

  • Pada pengisian tanggal lahir, awalnya warna Background dari Button Date Time yaitu merah. Setelah melakukan pengisian tanggal lahir, warna tersebut berubah menjadi biru sedikit transparan.
  • Pada saat pengisian Capcha, awalnya warna teks dari kolom Capcha warna merah. Apabila, pengisian kode Capcha itu benar, maka warna tersebut berubah menjadi hijau pucat.
  • Jika masih ada data akun informasi yang kosong, maka , awalnya warna Background dari Button yaitu hitam. Apabila data akun informasi telah diisi seluruhnya, maka warna tersebut berubah menjadi hijau sedikit transparan.
Baca juga artikel :  Cara Membuat Circle Button dari Card View di Kodular

PENUTUP

Kamu bisa memberikan warna transparan ke dalam beberapa object terhadap aplikasi Android dengan menggunakan blok program di Kodular. Kamu bisa menambahkan 1 list ke dalam blok program list yang digunakan untuk memberikan warna dengan menggunakan tingkat transparansi ke dalam blok program Make Color.

Dengan adanya tutorial ini, kamu bisa memberikan warna transparansi untuk beberapa object pada tampilan UI aplikasi Android yang enak dilihat atau dipandang oleh pengguna aplikasi Android jika kamu telah publikasi aplikasi tersebut baik itu ke tempat privasi maupun umum (publik).

BACA ARTIKEL LAIN

Baca juga artikel :  Cara Membuat Bottom Navigation di Kodular
Baca juga artikel :  Cara Mendapatkan API Key, Secret Key, dan Cloud Name di Cloudinary khusus Kodular
Baca juga artikel :  Cara Tampilkan Video dari Google Drive dengan Kodular
Baca juga artikel :  Cara Membuat Fitur Deteksi Mock Location di Kodular
Baca juga artikel :  Cara Mengatur Minimal SDK Level di Kodular

About Post Author

Dwi Lestari

Saya bukanlah penulis handal dan hanya menyampaikan sesuatu yang bisa disampaikan.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *