26 July 2024
0 0
Read Time:1 Minute, 51 Second

Artikel ini sebenarnya sudah pernah dibuat beberapa waktu yang sebelumnya tentang menampilkan gambar dengan Image View dari tangkapan kamera di Kodular. Terkadang sering error pada saat memunculkan gambar di Image View sehingga kelihatan blank tetapi melakukan potret kamera untuk pengambilan gambar berhasil disimpan di ASD Path (khususnya versi Android 10 atau keatas) pada internal Storage. Hal ini terjadi karena ada perubahan kebijakan keamanan terhadap manajemen internal storage terhadap versi Android yang berbeda.

Tutorial ini berlaku untuk semua versi Android karena semua hasil foto kamera akan disimpan di sistem Path yang berdasarkan kebijakan izin akses penyimpanan data pada masing-masing versi Android.

DwiAY.com.

Untuk tutorial kali ini tidak dilakukan dari awal sampai selesai. Hanya memberikan beberapa blok program yang bisa menampilkan gambar dari hasil tangkapan kamera pada HP Android di Kodular. Tutorial ini berlaku untuk semua versi Android. Penulis telah melakukan pengujian beberapa HP Android milik penulis beserta keluarga yang dimana memiliki HP Android yang versi berbeda pula.

BLOK PROGRAM UNTUK MENAMPILKAN GAMBAR HASIL TANGKAP KAMERA KE IMAGE VIEW

1. Blok Program untuk membuka kamera.

2. Blok Program untuk menampilkan gambar setelah diambil dari kamera ke dalam Image View.

Di dalam blok program replace all text, kamu harus mengganti kata “file://storage/emulated/0” dengan “/sdcard” untuk menampilkan gambar ke dalam Image View.

CATATAN

Khusus versi Android yang dibawah 10 atau Android API dibawah 29, maka kamu wajib menggunakan beberapa Ask for Permission agar aplikasi tersebut bisa berjalan dengan semestinya yaitu 1) CAMERA, 2) WRITE_EXTERNAL_STORAGE, dan 3) READ_EXTERNAL_STORAGE.

Khusus versi Android 10 atau keatas atau Android API 29 atau keatas, maka tidak perlu menggunakan Ask for Permission lagi, kecuali Name Permission CAMERA (karena ada beberapa merk HP Android wajib minta Permission CAMERA agar kamera dapat digunakan).

Baca juga artikel :  Cara Menggunakan Dynamic Card View di Kodular

PENUTUP

Apabila ada perubahan blok program dalam pengambilan gambar dari tangkapan kamera ke Image View di Kodular, maka penulis membuat posting baru tetapi berdasarkan waktu yang dipublikasikan oleh penulis sendiri. Soalnya, capek melakukan update artikel yang serupa tetapi ada perubahan penggunaan blok program tentang ini. 😀

Dengan adanya artikel tutorial pengambilan gambar dari tangkapan kamera ke Image View di Kodular yang terbaru ini dapat referensi baru dalam mengembangkan aplikasi Android yang telah atau sedang dibuat dengan menggunakan Kodular.

Semoga bermanfaat.

About Post Author

Dwi Lestari

Saya bukanlah penulis handal dan hanya menyampaikan sesuatu yang bisa disampaikan.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *