26 July 2024
1 0
Read Time:4 Minute, 30 Second

Artikel kali ini membahas tentang penambahan beberapa coding untuk fitur PERMISSION ke dalam aplikasi Companion Kodular yang dimana tidak ditemukan fitur PERMISSION yang antara lain READ_MEDIA_IMAGES, READ_MEDIA_VIDEO, dan READ_MEDIA_AUDIO sehingga menimbulkan kode error 908 yaitu fitur akses Media di luar ASD Path itu dimatikan yang sering terjadi yaitu tidak bisa menampilkan gambar di Image View dari pemilihan file gambar atau foto yang berada di luar ASD Path.

Apabila kamu tidak mau pusing untuk melakukan modifikasi aplikasi Companion Kodular pada bagian AndroidManifest.xml untuk memasukkan PERMISSION dalam penggunaan Media yang terutama versi Android 13 atau keatas. Penulis telah menyiapkan file unduh aplikasi Companion Kodular yang telah dimodifikasi oleh penulis sendiri sehingga kamu tinggal memakai aplikasi tersebut untuk melakukan pengujian aplikasi di Android selama berada di Test Mode pada Kodular.

Aplikasi Companion Kodular ini tidak memasangkan fitur PERMISSION yang khususnya file media (gambar, video, dan audio) sehingga pembuat aplikasi tersebut kesulitan dalam melakukan pengujian aplikasi dengan menggunakan Companion Kodular karena sering mendapat error yang berkode 908 yang berarti fitur PERMISSION tersebut dalam kondisi nonaktif.

BAHAN-BAHAN YANG DIPERSIAPKAN

Adapun beberapa bahan yang disiapkan dalam bentuk rupa program aplikasi yang akan diinstal di PC atau laptop khususnya Windows (penulis belum ketemu tutorial untuk Linux) sebelum melakukan modifikasi aplikasi Companion Kodular dengan sebagai berikut.

Setelah, kamu mengunduh semua program aplikasi yang diatas bisa memasang atau install satu per satu dimulai dari atas sampai bawah biar lebih mudah kamu dalam melakukan pemasangan program aplikasi di dalam PC atau laptop.

Baca juga artikel :  Cara Mengatur Minimal SDK Level di Kodular

ASK for PERMISSION NAME

Ada beberapa ASK for PERMISSION NAME yang harus dimasukkan ke dalam AndroidManifest.xml pada Companion Kodular yaitu:

 <uses-permission android:name="android.permission.READ_MEDIA_IMAGES"/>
 <uses-permission android:name="android.permission.READ_MEDIA_VIDEO"/>
 <uses-permission android:name="android.permission.READ_MEDIA_AUDIO"/>

Setelah dimasukkan ketiga PERMISSION NAME tersebut, maka kamu bisa menggunakan itu untuk manajemen file atau multimedia berada di luar ASD Path seperti menampilkan gambar di Image View, memutarkan musik di Sound atau Media Player, dsb.

LINK UNDUH COMPANION KODULAR YANG TELAH DIMODIFIKASI

Kamu bisa mengunduh aplikasi Companion Kodular yang telah dimodifikasi oleh penulis sendiri yang dimana telah menambahkan USES PERMISSION khusus Media di dalam AndroidManifest.xml.

Jadi, kamu tidak perlu susah payah untuk melakukan modifikasi isi aplikasi Companion Kodular jika masih ragu atau takut terjadi apa-apa.

TUTORIAL INSTALASI APLIKASI COMPANION KODULAR VERSI MODIFIKASI

1. Lakukan unduh aplikasi tersebut dengan klik tombol yang telah disediakan di atas.

2. Mengaktifkan akses untuk install aplikasi di luar Google Play Store. (Tutorial ini tergantung tipe HP dan versi Android).

3. Hapuskan / Uninstall aplikasi Companion Kodular lama yang terpasang di HP Android untuk saat ini.

4. Install aplikasi Companion Kodular baru dengan aplikasi yang telah dimodifikasi tadi.

5. Selesai.

Penulis memberikan tutorial dalam menambahkan USES PERMISSION khusus Media secara mandiri ke dalam AndroidManifest.xml pada Companion Kodular dengan APK Editor Studio.

LANGKAH-LANGKAH

1. Lakukan unduh aplikasi Companion Kodular yang asli dengan klik disini.

2. Aktifkan program APK Editor Studio.

3. Klik Open APK.

4. Pilihlah file aplikasi Companion Kodular tadi, klik OK / Open. Tunggu beberapa saat sampai muncul seluruh informasi.

5. Klik Tab Bagian File System.

Baca juga artikel :  Penjelasan tentang Blok Program Procedure pada Kodular

6. Double klik AndroidManifest.xml.

7. Salinkan tiga Uses Permission khusus Media yang terdapat di segment “ASK for PERMISSION NAME”. Tempat peletakan untuk penambahan PERMISSION tersebut berada di dalam lingkup <USES PERMISSION>.

8. Klik Save APK.

9. Masukkan nama file yakni “io.makeroid.companionEDIT.apk”, klik Save.

10. Tunggu beberapa saat sampai muncul pada gambar dibawah yang menandakan proses Signing APK telah berhasil dengan sukses.

11. Aplikasi Kodular Companion hasil modifikasi tadi dapat di-install ke HP Android. Dengan catatan, aplikasi Kodular Companion yang lama dihapuskan terlebih dahulu, baru bisa install Aplikasi Kodular Companion hasil modifikasi tadi.

Selesai.

TERBUKA UNTUK KOMENTAR

Untuk artikel atau posting ini, penulis memberikan kesempatan untuk berkomentar yang diperuntukkan untuk pengguna HP Android yang versinya dibawah 10 atau versi dari Android API itu dibawah 29 dalam mengenai pemberian PERMISSION untuk Media sehingga bisa mengakses di luar ASD Path.

CATATAN

Untuk penggunaan komponen Image Picker bawaan Kodular tidak bisa digunakan di HP Android 13 atau keatas sama sekali. Jadi, penulis punya alternatif yaitu menggunakan INTENT ACTION yaitu PICK yang bisa diterapkan di komponen Activity Starter untuk memilih file gambar dari internal storage.

PENUTUP

Sebenarnya sih penulis lumayan takut share ginian karena ada yang harus “dipertaruhkan” jika ada suatu terjadi apa-apa suatu saat nanti. Lebih baik gak usah pikirkan itu, cuma penulis yang memikirkan itu hehehehe… Sebenarnya sudah pernah dibahas tentang ini di situs Kodular Community.

Tujuan dari penulis membuat posting ginian kurang lebih memudahkan bagi pembuat aplikasi Android dengan Kodular sebagai tools andalan untuk melakukan pengujian aplikasi yang dimana aplikasi tersebut melibatkan manajemen file di luar ASD Path seperti memilih file media seperti gambar, audio, dan video. Itu saja kok. Jika kurang paham tentang merubah coding di bagian Android Manifest, lebih baik unduh aplikasi Kodular Companion yang telah dimodifikasi oleh penulis sendiri.

Baca juga artikel :  Penjelasan Bagian Drawing and Animation Pada Kodular

Bagi yang khususnya pengguna HP Android versi 13 atau keatas sebagai daily driver dalam melakukan pengujian aplikasi yang telah dibuat dari Kodular dengan menggunakan aplikasi Kodular Companion.

Semoga bermanfaat.

About Post Author

Dwi Lestari

Saya bukanlah penulis handal dan hanya menyampaikan sesuatu yang bisa disampaikan.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *