13 April 2024
0 0
Read Time:3 Minute, 11 Second

Artikel kali ini membahas tentang penggunaan dari blok program notifier Choose Dialog terhadap pembuatan aplikasi Android dengan Kodular. Tampilan dialog ini berupa pilihan opsi yang dimana harus memilih salah satu dari dua opsi pilihan, bahkan ditambah fitur button Cancel. Tampilan seperti ini biasanya dipakai pada saat terjadi meminta konfirmasi informasi kepada pengguna aplikasi seperti keluar dari aplikasi, validasi kebenaran pengisian data informasi, dan sebagainya.

Blok program ini berguna untuk memberikan sesuatu informasi yang bersifat konfirmasi dengan memilih salah satu jawaban dari dua opsi pilihan yang akan memengaruhi kinerja program atau events di dalam aplikasi Android pada Kodular.

Baca juga artikel :  Cara Memasukkan Data Spinner dari JSON Online di Kodular

BLOK PROGRAM UTAMA

1. Blok Program Notifier Choose Dialog

Jadi, kamu bisa menggunakan blok program untuk menampilkan notifikasi dialog popup dalam bentuk informasi yang bersifat konfirmasi terhadap aplikasi Android.

KETERANGAN

message = Menampilkan isi informasi yang sebenarnya di dalam tampilan notifikasi dialog pada aplikasi Android.

title = Menampilkan isi judul besar di dalam tampilan notifikasi dialog pada aplikasi Android.

button1 Text = Menampilkan button atau tombol pilihan atau jawaban yang terletak di sebelah kanan yang berada di bawah data informasi pada tampilan notifikasi dialog popup.

button2 Text = Menampilkan button atau tombol pilihan atau jawaban yang terletak di sebelah kiri yang berada di bawah data informasi pada tampilan notifikasi dialog popup.

cancelable = Menampilkan button atau tombol Cancel yang terletak di tengah yang berada di bawah data informasi pada tampilan notifikasi dialog popup. Apabila kamu memilih false, maka button Cancel tidak muncul sama sekali.

2. Blok Program hasil pilihan dari Notifier Choosing

Jadi, kamu bisa menggunakan blok program ini untuk eksekusi program atau event yang berdasarkan hasil dari pemilihan / jawaban yang terdapat pada Notifier Choose Dialog.

Baca juga artikel :  Cara Membulatkan Angka Desimal di Kodular

CONTOH PENGGUNAAN BLOK PROGRAM

Penulis telah memberikan komentar untuk beberapa contoh penggunaan blok program Notifier Choose Dialog dan Notifier After Choosing agar lebih mudah dipahami lagi.

Contoh 1

Contoh 2

Contoh 3

STUDI KASUS MINI

Kamu ingin membuat aplikasi tebak-tebak soal, Matematika, angka, dan sebagainya dengan menampilkan tampilan dialog popup yang berisi soal dan jawaban yang terdiri 2 opsi pilihan yaitu SALAH dan BENAR. Data soal, jawaban, dan kunci jawaban itu diambil dari database. Apabila jawaban tersebut itu tepat, maka menambah 10 poin atau jawaban tersebut tidak tepat, maka mengurangi 5 poin.. Hal ini membutuhkan beberapa screen yang harus diinisialisasikan atau eksekusi program dalam events pada saat menentukan jawaban dari pengguna aplikasi yang telah membaca soal:

  1. Screen Welcome ini menggunakan sistem Notifier Choose Dialog untuk mengecek jaringan sebelum masuk ke bagian login.
  2. Screen Login ini menggunakan sistem Notifier Choose Dialog untuk melakukan validasi data.
  3. Screen Kuis ini menggunakan sistem Notifier Choose Dialog untuk membuat soal yang terdapat di dalam database dengan memunculkan 2 opsi pilihan yaitu BENAR dan SALAH. Apabila hasil pilihan jawaban tersebut tepat, maka mendapat tambahan 10 poin atau hasil pilihan jawaban tersebut tepat, maka mendapat kurangan 5 poin dengan menggunakan blok program Notifier After Choosing.
  4. Screen Hasil Skor ini menggunakan sistem Notifier Choose Dialog untuk mengecek konfirmasi sebelum memutuskan untuk mainkan soal tersebut lagi.
  5. Pada saat klik back pada saat berada di Screen login ini ini menggunakan sistem Notifier Choose Dialog untuk mengecek konfirmasi dalam mengeluarkan pengguna dari aplikasi.

Dari studi kasus mini yang dapat diharapkan kamu lebih memahami secara jelas dalam penggunaan blok program Notifier Choose Dialog dan Notifier After Choosing events dalam penbuatan aplikasi Android dengan Kodular.

Baca juga artikel :  Cara Membuat Button dengan Ikon Material Design di Kodular

PENUTUP

Kamu bisa membuat atau menambahkan fitur dalam memutuskan sesuatu yang berisi pilihan yang tampil dialog popup di dalam aplikasi Android dengan menggunakan Kodular yaitu blok program Notifier Choose Dialog dan Notifier After Choosing dengan sesuai kebutuhan dalam mendapatkan suatu jawaban.

Misalkan, kamu membuat notifikasi pilihan konfirmasi yang berkaitan dengan kelengkapan data informasi pada saat pendaftaran akun atau member di perusahaan atau industri secara online melalui HP Android dan menentukan hasil keputusan dari pilihan atau jawaban pengguna aplikasi bisa menggunakan blok program Notifier After Choosing.

BACA ARTIKEL LAIN

Baca juga artikel :  Cara Membuat Bottom Navigation di Kodular
Baca juga artikel :  Google Sheets Query pada Kodular
Baca juga artikel :  Blok Program Text Box On Text Changed di Kodular
Baca juga artikel :  Beberapa Operator Kode Perintah Google Sheets Query pada Kodular
Baca juga artikel :  CRUD Firebase DB Kodular Edit Data

About Post Author

Dwi Lestari

Saya bukanlah penulis handal dan hanya menyampaikan sesuatu yang bisa disampaikan.
Happy
Happy
100 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *