17 June 2024
0 0
Read Time:4 Minute, 54 Second

Artikel kali ini membahas tentang beberapa alasan atau penyebab kegagalan dalam melakukan upgrade akun Kodular Premium dengan bermunculan tulisan “Your card has been declined” sehingga menganggu dalam produktivitas pada pembuatan aplikasi Android dengan menggunakan tools Kodular.

Pada Juli 2022, Kodular telah membatasi dalam penggunaan fitur dan sistem bagi pengguna akun gratis atau free di dalam Kodular seperti maksimal pemakaian storage di media assets itu 5 MB, jumlah maksimal project aplikasi itu sebanyak 10 project, jumlah pemakaian extension dari pihak ketiga sebanyak 5 extension per project, dsb.

Dengan melakukan upgrade akun Kodular yang awalnya Free menjadi Premium, maka bisa leluasa dalam membuat aplikasi Android sendiri dengan menggunakan Kodular.

Penulis memberikan beberapa alasan atau penyebab kegagalan dalam melakukan upgrade akun Kodular Premium yang berdasarkan pengalaman pribadi dengan sebagai berikut:

KARTU DEBIT ATAU KREDIT INI MASIH BARU DIBUAT

Bagi kamu yang baru membuka rekening bank yang terutama bank digital seperti Jenius, Bank Jago, dan sebagainya yang pastinya mendapat kartu debit fisik dan / atau digital (e-card). Nah, kamu tidak bisa menggunakan kartu tersebut pada di saat itu juga. Meskipun, kartu debit itu terdapat logo Mastercard atau VISA dan memiliki banyak saldo tabungan.

Solusinya, tunggu beberapa waktu ke depan setelah membuka rekening bank baru dengan minimal 3 hari ke depan. Usahakan, kamu sering melakukan transaksi apapun seperti berlangganan music streaming seperti Spotify, isi pulsa atau data, dan sebagainya agar pihak bank mendapat “kepercayaan” bahwa kartu tersebut memang sering dipakai untuk bertransaksi.

Setelah melewati, beberapa waktu setelah pembukaan rekening bank baru, maka kamu bisa melakukan upgrade akun Kodular Premium dengan menggunakan kartu debit / kredit yang baru itu.

Baca juga artikel :  Cara Membuat Fitur Deteksi Mock Location di Kodular

KARTU DEBIT ATAU KREDIT BELUM DIAKTIVASI

Hampir sama dengan poin sebelumnya yaitu bagi nasabah yang baru membuka rekening bagi pengguna kartu debit atau mengajukan pembuatan kartu kredit. Nah, kartu yang baru dibuat itu masih belum bisa dipakai untuk transaksi apapun yang terutama pengguna kartu kredit seperti upgrade akun Kodular Premium karena status kartu tersebut belum melakukan aktivasi.

Solusinya, kartu Debit atau Kredit yang baru kamu dapatkan harus melakukan aktivasi terlebih dahulu yang terutama pengguna kartu kredit.

SALDO TABUNGAN TIDAK MENCUKUPI BAGI PENGGUNA KARTU DEBIT

Ini alasan yang klasik yaitu saldo tabungan tidak mencukupi untuk membayar langganan upgrade akun Kodular Premium sehingga terjadi kegagalan upgrade akun tersebut.

Solusinya, kamu melakukan top up dulu ke dalam saldo tabungan yang akan digunakan untuk membayar langganan Kodular Premium bisa melalui setor tunai, setor digital, dan metode setoran lainnya.

SISA LIMIT KREDIT TIDAK MENCUKUPI BAGI PENGGUNA KARTU KREDIT

Ini alasan yang klasik yaitu sisa limit kredit tidak mencukupi untuk membayar langganan upgrade akun Kodular Premium sehingga terjadi kegagalan upgrade akun tersebut.

Solusinya, kamu harus membayar tagihan cicilan pada pemakaian kredit dengan jadwal yang telah ditentukan dari pihak bank atau mengajukan untuk menaikkan (upgrade) sisa limit kredit pada kartu kredit dengan mendatangi ke kantor bank langsung.

AKSES INTERNET DENGAN KONEKSI VPN

Terkadang, kamu sering mengakses situs tertentu dengan bantuan koneksi VPN yang dimana tidak bisa membuka situs tersebut melalui server Indonesia. Pada saat kamu melakukan upgrade akun Kodular Premium tetapi gagal eksekusi seperti “Your card has been declined” yang disebabkan pada saat akses situs Kodular masih menggunakan koneksi VPN.

Baca juga artikel :  Kodular AIA Aplikasi Kuis Pilihan Ganda dari Google Sheets

Solusinya, kamu harus mematikan koneksi VPN dan melakukan pembersihan (clear) Cache dari Web Browser. Setelah itu, kamu bisa mengakses titik lokasi yang berdasarkan IP address keberadaan kamu dengan menggunakan situs IP Checker for My Address. Jika IP address dari ISP itu sesuai dengan titik lokasi tempat tinggal kamu. Maka, kamu bisa melakukan upgrade akun Kodular dengan seperti biasa.

BELUM MENGAKTIFKAN FITUR PEMBAYARAN INTERNASIONAL / LUAR NEGERI

Fitur ini yang sering tidak diperhatikan bagi pengguna kartu debit atau kredit jika ingin melakukan bertransaksi atau pembayaran langganan atau tagihan ke luar negeri / internasional tetapi ditolak terus. Begitupun dengan upgrade akun Kodular Premium dengan kartu debit / kredit yang berlogo MasterCard atau VISA tetapi gagal mulu yang disebabkan fitur sistem pembayaran atau transaksi (tergantung bank) internasional itu belum diaktifkan.

Solusinya, kamu bisa mengaktifkan fitur sistem pembayaran internasional atau luar negeri melalui aplikasi Mobile Banking (M-Banking) atau kunjungi ke Customer Services di kantor bank langsung. Setelah itu, kamu bisa melakukan upgrade akun Kodular Premium dengan seperti biasa.

KARTU DEBIT / KREDIT YANG TIDAK BERLOGO MASTERCARD ATAU VISA ATAU LOGO GPN

Jika kartu ATM Debit atau Kredit itu berlogo GPN (Gerbang Pembayaran Nasional), maka kamu tidak bisa melakukan upgrade akun Kodular Premium yang disebabkan sistem tersebut tidak mendukung pembayaran atau transaksi internasional.

Solusinya, kamu harus mengganti kartu ATM Debit atau Kredit yang berlogo GPN dengan kartu ATM Debit atau Kredit yang berlogo MaterCard atau VISA yang bisa dilakukan melalui Customer Services di kantor bank langsung.

LAMBATNYA AKSES INTERNET

Kegagalan dalam melakukan upgrade Akun Kodular Premium yang disebabkan lambatnya akses internet sehingga terjadi timeout atau link expire pada saat proses upgrade akun Kodular Premium. Meskipun demikian, kamu bisa mengecek pada situs Kodular App Creator yang bisa diketahui pada status akun itu telah Premium atau masih Free.

Baca juga artikel :  Cara Membuat Radio Button di Kodular

Setelah diperiksa status akun di dashbaord Kodular App Creator yang menyatakan bahwa apabila status akun Kodular dengan bertulisan “Premium” yang berarti proses upgrade Kodular Premium itu berhasil dan sukses dan apabila status akun Kodular dengan bertulisan “Free” yang berarti proses upgrade Kodular Premium itu gagal.

Solusinya, kamu bisa mengganti data koneksi internet atau mencari tempat atau jangkauan yang bisa mengakses situs dengan internet cepat dan stabil.

DATA INFORMASI TAGIHAN TIDAK SESUAI DENGAN KARTU DEBIT / KREDIT

Pada poin ini, pada saat pengisian Billing Address (Alamat Tagihan) ini tidak sesuai dengan data identitas dari kartu Debit atau Kredit yang digunakan untuk melakukan upgrade akun Kodular Premium sehingga proses upgrade akun tersebut ditolak oleh sistem Kodular itu sendiri.

Solusinya, kamu harus mengisikan data Billing Address itu sesuai dengan KTP yang integrasi di kartu ATM Debit atau Kredit. Barulah, bisa melakukan upgrade akun Kodular Premium.

PENUTUP

Penulis telah memberikan alasan atau faktor penyebab kegagalan dalam melakukan upgrade Akun Kodular Premium yang sering muncul dengan tulisan “Your Card has been declined” baik itu pengguna kartu ATM debit maupun kredit. Semoga bermanfaat.

About Post Author

Dwi Lestari

Saya bukanlah penulis handal dan hanya menyampaikan sesuatu yang bisa disampaikan.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *