17 June 2024
0 0
Read Time:2 Minute, 17 Second

Artikel kali ini membahas tentang penjelasan beberapa blok program WEB yaitu Web Get dan Web Post yang terdapat di dalam Kodular. Blok program ini seringkali digunakan untuk menghubungkan antara smartphone dengan server bantuan bahasa pemrograman yang tersedia di dalam web server.

Seringkali kebingungan dalam penggunaan Web GET dan Web POST yang disebabkan memiliki fungsi yang sama yaitu mengirim suatu data ke server untuk diproses atau divalidasi sehingga menghasilkan output data yang diinginkan.

BLOK PROGRAM UNTUK WEB GET dan WEB POST

1) Blok program web GET yang biasanya digunakan untuk mengakses ke server melalui transfer protokol dalam mendapat informasi yang bersifat menampilkan dari pencarian data. GET ini biasanya ditampilkan parameter dan value dari URL di address bar.

Blok program web GET

2) Blok program web POST yang biasanya digunakan untuk mengakses ke server melalui transfer protokol dalam mendapat informasi yang bersifat input atau update data. POST ini biasanya tidak ditampilkan parameter dan value dari URL di address bar. Oleh karena itu, pengujian dalam penggunaan POST dari link URL tersebut dipakai aplikasi khusus seperti Postman.

Blok program web POST

3) Blok program web yang URL yang digunakan untuk memasukkan alamat URL yang akan mengakses ke server untuk mendapatkan informasi data ke aplikasi.

Blok Program Web setURL().

Biasanya kamu sering menggunakan dua atau tiga blok program yang diatas untuk melakukan akses server melalui protokol atau web untuk mendapatkan informasi data ke aplikasi.

PERBEDAAN GET dan POST

GETPOST
Menampilkan value dari URL di web browser.Tidak menampilkan value dari URL di web browser.
Bisa menguji langsung dari web browser.Bisa menguji dengan aplikasi / tools khusus seperti Postman.
Digunakan untuk pencarian data.Digunakan untuk input dan / atau update data.

Setelah melihat perbedaan dari penggunaan GET dan POST untuk proses dalam akses pertukaran data antara client dengan server melalui jenis protokol yang telah ditentukan dari server inti.

Baca juga artikel :  Keterangan dari Block Program Firebase Database pada Kodular

IMPLEMENTASI BLOK PROGRAM

Ada beberapa implementasi dari Blok Program web GET dan POST yang terdapat di bawah ini.

Implementasi dari Blok Program Web GET.
Implementasi dari Blok Program Web POST.

Dari implementasi dalam penggunaan dua blok program web yang berbeda, pasti kamu bisa pelajari itu pelan-pelan dalam penggunaan blok tersebut untuk mengakses ke server pake komponen Web pada Kodular.

Untuk upload gambar ke server dengan pakai blok program Web ini, maka kamu membutuhkan konversi dari gambar atau file ke dalam teks dengan menggunakan algoritma. Algoritma yang sering digunakan untuk konversi file menjadi teks yaitu Base 64.

PENUTUP

Blok program atau komponen web ini seringkali digunakan untuk mengakses data ke server dengan tipe protokol yang ditentukan berdasarkan kebutuhan seperti input data, update data, filter data, tester data, dan lainnya ke dalam server.

Materi berikutnya akan membahas dalam penggunaan blok program web GotText() untuk menampilkan hasil proses data dari komponen web terhadap pembuatan aplikasi Android dengan Kodular.

About Post Author

Dwi Lestari

Saya bukanlah penulis handal dan hanya menyampaikan sesuatu yang bisa disampaikan.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *