17 June 2024
0 0
Read Time:4 Minute, 8 Second

Artikel kali ini membahas tentang penjelasan atau keterangan dari kegunaan masing-masing pada komponen Layout yang terdapat di dalam Kodular.

Kegunaan dari bagian Layout pada Kodular tidak sekedar berfungsi untuk membuat layout baik itu secara horizontal maupun vertikal, bagian ini juga menyediakan berbagai objek atau komponen Viewer seperti Web Viewer, Chat View, Card View, dan sebagainya yang biasanya dipakai untuk mendukung tampilan UI pada aplikasi Android yang menjadi lebih modern.

Baca juga artikel :  Penjelasan Bagian User Interface pada Kodular

LIST KOMPONEN DARI LAYOUT

Berikut tentang penjelasan fungsi dari masing-masing komponen pada Layout yang terdiri 4 sub :

Layout – General

Layout – General ini merupakan kategori bagian komponen Layout yang berfungsi untuk membuat layout dengan tujuan agar dapat menyisipkan beberapa komponen User Interface ke dalam Layout yang telah ditempatkan. Dengan adanya bagian Layout ini, berharap penempatan beberapa komponen User Interface itu dapat disusun dengan rapi pada tampilan UI aplikasi.

  • Card View merupakan komponen yang berfungsi untuk menambahkan layout dalam bentuk kartu agar bisa dimasukkan oleh beberapa komponen User Interface ke dalam layout tersebut dengan sesuka hati.
  • Grid View merupakan komponen yang berfungsi untuk menambahkan layout dalam bentuk grid agar bisa dimasukkan oleh beberapa komponen User Interface ke dalam layout tersebut secara merata yang berdasarkan banyaknya Grid.
  • Horizontal Arrangement merupakan komponen yang berfungsi untuk menambahkan layout sederhana dengan mengandalkan posisi horizontal (kiri-kanan) pada saat menyusun beberapa komponen User Interface ke dalam layout tanpa Scroll.
  • Horizontal Scroll Arrangement merupakan komponen yang berfungsi untuk menambahkan layout sederhana dengan mengandalkan posisi horizontal (kiri-kanan) pada saat menyusun beberapa komponen User Interface ke dalam layout dengan Scroll.
  • Space merupakan komponen yang berfungsi untuk memberikan jarak spasi antara satu komponen dengan komponen lain di dalam Screen.
  • Swipe Refresh Layout merupakan komponen yang berfungsi untuk memberikan efek resfresh suatu terjadi atau event yang terpengaruh dari gesekan tangan ke bawah di layout atau viewer.
  • Table Arrangement merupakan komponen yang berfungsi untuk menambahkan layout dalam bentuk tabel agar bisa dimasukkan oleh beberapa komponen User Interface ke dalam layout tersebut secara merata yang berdasarkan banyaknya baris dan kolom.
  • Vertical Arrangement merupakan komponen yang berfungsi untuk menambahkan layout sederhana dengan mengandalkan posisi vertikal (atas-bawah) pada saat menyusun beberapa komponen User Interface ke dalam layout tanpa Scroll.
  • Vertical Scroll Arrangement merupakan komponen yang berfungsi untuk menambahkan layout sederhana dengan mengandalkan posisi vertikal (atas-bawah) pada saat menyusun beberapa komponen User Interface ke dalam layout dengan Scroll.
Baca juga artikel :  Cara Membuat Hitung Otomatis di TextBox pada Kodular

Layout – List

Layout – General ini merupakan kategori bagian komponen Layout yang berfungsi untuk membuat tampilan list yang diambil dari data ke dalam aplikasi Android.

  • List View merupakan komponen yang berfungsi untuk menampilkan beberapa data teks yang bentuk susunan list.
  • List View Image and Text merupakan komponen yang berfungsi untuk menampilkan beberapa data teks dan / atau gambar yang bentuk susunan list.
Baca juga artikel :  Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Aplikasi Android dengan Kodular 2024

Layout – Navigation

Layout – Navigation ini merupakan kategori bagian komponen Layout yang berfungsi untuk membuat sistem menu dan/atau navigation yang dapat memudahkan dalam membuat beberapa opsi menu di dalam Layout navigation jika kamu memiliki banyak Screen di dalam Kodular selama proses pembuatan aplikasi Android.

  • Bottom Navigation merupakan komponen yang berfungsi untuk membuat menu navigasi yang terletak di bawah layar smartphone Android.
  • Side Menu Layout merupakan komponen yang berfungsi untuk membuat menu navigasi dalam bentuk slide atau drawer navigation.
  • Tab Layout merupakan komponen yang berfungsi untuk membuat menu navigasi dalam bentuk tab atau tab host yang terletak di atas layar smartphone Android.
  • View Pager merupakan komponen yang berfungsi untuk membuat tampilan viewer yang bisa digeserkan viewer tersebut dengan menggunakan pergerakan jari tangan ke arah kiri atau kanan.
Baca juga artikel :  Penjelasan Bagian User Interface pada Kodular

Layout – Views

Layout – Navigation ini merupakan kategori bagian komponen Layout yang berfungsi untuk membuat tampilan yang bersifat Viewer yang bisa berubah-ubah jika ada suatu event atau eksekusi program yang berbeda. Misalkan, tampilan Web Viewer akan berganti jika ada perubahan alamat situs web.

  • Bottom Sheet merupakan komponen yang berfungsi untuk membuat tampilan popup dengan berisi layout dan beberapa komponen UI pendukung yang tersembunyi yang akan ditampilkan di bawah layar smartphone.
  • Chat View merupakan komponen yang berfungsi untuk membuat tampilan viewer dari isi konten atau objek dalam bentuk chat atau pesan teks singkat.
  • Gallery Viewer merupakan komponen yang berfungsi untuk membuat tampilan viewer yang berisi satu atau beberapa gambar yang akan dijadikan satu album galeri.
  • Surface View merupakan komponen yang berfungsi untuk membuat tampilan preview pada gambar setelah melakukan pengambilan gambar dari kamera seperti menyimpan gambar atau aktivitas yang sejenis.
  • View Flipper merupakan komponen yang berfungsi untuk memberikan efek flip pada tampilan viewer pada saat mengganti gambar.
  • Web View merupakan komponen yang berfungsi untuk membuat tampilan viewer yang berisi website yang bisa diakses internet.
Baca juga artikel :  Cara Mengambil Data pada saat Klik Baris Tabel di Kodular

PENUTUP

Kamu bisa mengenali salah satu komponen atau widget yang ada di Pallete yaitu Layout beserta fungsi dari masing-masing penggunaaan komponen tersebut dalam mempengaruhi produk aplikasi Android buatan sendiri. Hal ini termasuk juga fungsi dari penggunaan komponen yang bersifat viewer.

BACA ARTIKEL LAIN

Baca juga artikel :  Cara Download Lagu dari Google Drive di Kodular
Baca juga artikel :  Cara Mengatasi Error Force Close pada saat Mengakses Google Form di WebView pada Kodular
Baca juga artikel :  Cara Menampilkan Beberapa Gambar dari Google Drive Menjadi Slide Show di Kodular
Baca juga artikel :  CRUD TinyDB Kodular Hapus Data
Baca juga artikel :  Beberapa Tips dalam Membuat Aplikasi Android dengan Kodular

About Post Author

Dwi Lestari

Saya bukanlah penulis handal dan hanya menyampaikan sesuatu yang bisa disampaikan.
Happy
Happy
67 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
33 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *