17 June 2024
0 0
Read Time:1 Minute, 40 Second

Artikel kali ini membahas tentang penjelasan atau keterangan dari kegunaan masing-masing pada komponen Drawing and Animation yang terdapat di dalam Kodular.

Drawing and Animation yang digunakan untuk pengelolaan file yang berkaitan dengan bitmap atau vektor dan animas (gambar yang bisa bergerak). Hal ini biasanya dipakai untuk mempercantik atau menarik dari segi tampilan aplikasi Android tersebut. Misalkan, ada membuat kartu ucapan dengan menggunakan konsep animasi, beberapa gambar yang bisa bergerak, membuat coret-coretan dengan jari tangan selayaknya pakai pensil, dan sebagainya.

Baca juga artikel :  Cara Menambahkan Uses Permission MEDIA di Companion Kodular khusus Android 13

LIST KOMPONEN DARI DRAWING AND ANIMATION

Berikut tentang penjelasan fungsi dari masing-masing komponen pada Drawing and Animation :

  • Ball merupakan komponen yang digunakan untuk membuat objek yang berbentuk bola yang bisa digerakkan suatu event yang berkaitan dengan animasi atau gestur atau sensor terhadap suatu alat sensor di dalam aplikasi Android.
  • Canvas merupakan komponen yang digunakan untuk memberikan suatu wadah yang akan diisikan oleh beberapa komponen yang berkaitan dengan seni visual seperti desain atau animasi.
  • Image Editor merupakan komponen yang digunakan untuk membuat suatu fitur untuk melakukan pengeditan suatu gambar yang diambil dari kamera atau galeri atau canvas yang telah dilukis, dicoret, atau diisikan dengan konten gambar ke dalam aplikasi Android.
  • Image Sprite merupakan komponen yang digunakan untuk membuat objek yang berbentuk gambar atau foto yang bisa digerakkan suatu event yang berkaitan dengan animasi atau gestur atau sensor terhadap suatu alat sensor di dalam aplikasi Android.
  • Lottie merupakan komponen yang digunakan untuk menampilkan tampilan animasi yang diambil dari bersumber asset yang telah disimpan di dalam layanan Lottie terhadap aplikasi Android.

PENUTUP

Kamu bisa mengenali salah satu komponen atau widget yang ada di Pallete yaitu Drawing and Animation beserta fungsi dari masing-masing penggunaaan komponen tersebut dalam mendukung produk aplikasi Android buatan sendiri agar menampilkan UI / UX aplikasi Android dengan penuh konsep animasi yang dapat menarik perhatian user aplikasi tersebut. Selain itu, pengguna aplikasi tersebut dapat melakukan coret-coretan di dalam aplikasi Android jika menggunakan komponen Canvas di dalam aplikasi tersebut pada Kodular.

BACA ARTIKEL LAIN

Baca juga artikel :  Cara Menampilkan Data Random yang Diambil dari List di Kodular
Baca juga artikel :  Cara Menghapus Keystore di Kodular
Baca juga artikel :  CRUD Firebase DB Kodular Tampil Data
Baca juga artikel :  Cara Membuat Tampilan Aplikasi seperti LinkTree dengan Kodular
Baca juga artikel :  CRUD TinyDB Kodular Tampil Data

About Post Author

Dwi Lestari

Saya bukanlah penulis handal dan hanya menyampaikan sesuatu yang bisa disampaikan.
Happy
Happy
50 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
50 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *