17 June 2024
0 0
Read Time:2 Minute, 44 Second

Artikel kali ini membahas tentang pengenalan coding Google Apps Script bagi pembuat aplikasi Android dengan menggunakan Kodular sebagai tools andalan. Kebanyakan para pembuat aplikasi hanya berfokus praktek dalam menggunakan Google Apps Script sebagai coding backend yang berhubungan dengan layanan Cloud Google seperti Google Drive, Google Sheets, dsb. Namun, terkadang ada beberapa coding yang ada di Google Apps Script yang belum tahu kegunaan oleh pembuat aplikasi tersebut.

Penulis memberikan pengenalan tentang Google Apps Script sebagai coding Backend yang terhubung dengan Kodular dari versi penulis sendiri. Apabila, kamu ingin lebih tahu tentang Google Apps Script lebih lanjut, maka kamu bisa mencari tentang tersebut di internet atau kunjungi situs resmi Google for Developers atau Google Cloud.

Bahasa pemrograman Google Script ini hampir sama dengan bahasa pemrograman JavaScript. Nah, bagi kamu yang terbiasa menggunakan bahasa pemrograman JavaScript yang seharusnya tidak kesulitan dalam pelajari coding Google Apps Script.

Google Apps Script ini bisa membantu kamu dalam mengelola data yang ada di dalam layanan cloud dari Google Drive seperti upload file ke Google Drive, menyimpan data ke dalam Google Sheets, update nama file di Google Drive, dan sebagainya.

Tidak hanya tools Kodular saja bisa menggunakan Google Apps Script sebagai coding backend (endpoint). Hal ini juga berlaku untuk Thunkable, APP Inventor 2, Niotron, dan sejenisnya. Apabila kamu telah belajar tentang algoritma, struktur data, tipe data, penampungan data (var atau const), dan komponen aspek lain dalam ngoding, maka lebih mudah belajar tentang Google Apps Script dari awal.

TAMPILAN DARI GOOGLE APPS SCRIPT

Kamu bisa melihat tampilan utama dari Google Apps Script dalam membuat suatu coding backend di bawah ini:

Selain itu, kamu juga bisa membuat aplikasi web statis dengan menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript di dalam project Google Apps Script yang akan di-deploy dalam bentuk URL Macro yang bisa akses di web browser untuk melihat hasil tampilan web tersebut.

Baca juga artikel :  Cara Memilih Gambar dengan Image Picker di Kodular

HUBUNGKAN GOOGLE APPS SCRIPT DENGAN KODULAR

Di dalam Kodular, kamu bisa menggunakan komponen WEB untuk menghubungkan antara Kodular dengan Google Apps Script melalui URL Macro yang diperoleh dari Google Apps Script itu sendiri.

BENTUK URL MACRO:

https://script.google.com/macros/s/AKfycbzPeCLFV_eDs3oVB7Yc9zSk78JjVnSG9KssaEKzHImj6RDN0Y1BY4xz32SMUTL5kz0b/exec

BEBERAPA CONTOH DALAM PENGGUNAAN GOOGLE APPS SCRIPT

Ada beberapa contoh dalam penggunaan kode perintah dari Google Apps Script beserta fungsinya di bawah ini

1. Penampung data.

var tgl = e.parameter.TGL;

2. Membuka Spreadsheet.

var openSS = SpreadsheetApp.openByUrl(“https://docs.google.com/spreadsheet/d/<kode ID spreadsheet>/edit#gid=0”);

Dari beberapa contoh kode perintah dari Google Apps Script dan kamu bisa mempelajari coding Google Apps Script secara mandiri baik itu otodidak maupun kursus dengan tujuan agar dapat ilmu dan pengalaman baru dalam menggunakan Google Apps Script sebagai coding backend yang integrasi dengan layanan Google Drive.

PENUTUP

Penulis telah membuat artikel tentang pengenalan coding Google Apps Script bagi pembuat aplikasi Android dengan menggunakan Kodular sebagai tools andalan. Google Apps Script disini biasanya digunakan sebagai coding backend (endpoint) untuk mengelola data yang ada di dalam layanan Google Drive yang dihubungkan ke aplikasi Android pada Kodular.

Disini, kamu tidak perlu menggunakan Google API Key untuk mendapat akses pengelolaan data dari Google Drive terhadap aplikasi Android khususnya Kodular. Untuk saat ini, kamu bisa pelajari tentang Google Apps Script melalui internet (otodidak), pelatihan / workshop, atau kursus agar lebih memahami dari masing-masing kode perintah Google Apps Script.

Semoga bermanfaat.

About Post Author

Dwi Lestari

Saya bukanlah penulis handal dan hanya menyampaikan sesuatu yang bisa disampaikan.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *