26 July 2024
0 0
Read Time:3 Minute, 34 Second

Artikel kali ini membahas keterangan beserta fungsi dari masing-masing blok program dari kategori Text. Kategori ini berfungsi untuk mengatur sistem kerja pada aplikasi Android yang berkaitan dengan teks baik itu tipe single maupun array (larik) yang terdapat di suatu variabel atau value dari komponen pada Kodular.

Kamu bisa melihat beberapa fungsi dari penggunaan Block Program utama yang terdapat di bagian Bulit pada Kodular yang dimana ada beberapa blok program tersebut yang belum diketahui oleh kamu untuk fungsi dalam penggunaan blok program utama tersebut dalam membuat program aplikasi Android.

Baca juga artikel :  Cara Menggunakan Circular Progress di Kodular

LIST BLOCK PROGRAM TEXT

Berikut tentang penjelasan fungsi dari masing-masing blok program pada BLOCK PROGRAM TEXT :

Blok program ini berfungsi untuk membuat, memasukkan, atau memberikan kata, kalimat, paragraf, dan hal-hal yang berkaitan dengan teks ke dalam isi yang terdapat pada variabel atau object.

Blok program ini berfungsi untuk menggabungkan beberapa kata, kalimat, paragraf, dan hal-hal yang berkaitan dengan teks ke dalam isi yang terdapat pada variabel atau object.

Blok program ini berfungsi untuk menghitung jumlah karakter yang terdapat di dalam teks.

Blok program ini berfungsi untuk menentukan validasi data dalam isi variabel itu kosong atau tidak.

Blok program ini berfungsi untuk menentukan validasi data dalam isi variabel itu bertipe data String atau tidak.

Blok program ini berfungsi untuk membandingkan jumlah dalam sedikitnya pemakaian huruf besar (uppercase) atau banyaknya pemakaian huruf kecil (lowercase) dalam satu teks.

Blok program ini berfungsi untuk menghilangkan pemakaian spasi di akhiran teks atau karakter.

Blok program ini berfungsi untuk mengubah seluruh huruf di dalam teks menjadi huruf besar.

Blok program ini berfungsi untuk mengubah seluruh huruf di dalam teks menjadi huruf kecil.

Blok program ini berfungsi untuk mencari keberadaan index pada kata atau huruf yang telah ditentukan ke dalam “piece”. Outputnya bernilai index yang sesuai dengan pencarian keberadaan pada kata atau huruf di dalam teks pada awalan teks.

Blok program ini berfungsi untuk mencari kata atau huruf yang cocok di dalam teks atau kalimat.

Blok program ini berfungsi untuk memisahkan atau memotong menjadi beberapa kata dalam satu teks atau kalimat yang berdasarkan simbol, huruf, atau kata-kata yang berpicu pada pemotongan kata-kata di dalam teks tersebut. Implementasinya, bisa menggunakan “select list index” untuk memakai potongan kata dengan sesuai kebutuhan.

Blok program ini berfungsi untuk memisahkan atau memotong menjadi beberapa kata dalam satu teks atau kalimat yang berdasarkan simbol, huruf, atau kata-kata yang berpicu pada pemotongan kata-kata di awalan teks sehingga tidak menampilkan awalan teks setelah dipotong.

Blok program ini berfungsi untuk memisahkan atau memotong menjadi beberapa kata dalam satu teks atau kalimat yang berdasarkan simbol, huruf, atau kata-kata dengan beberapa kriteria yang berpicu pada pemotongan kata-kata di dalam teks tersebut. Implementasinya, bisa menggunakan “select list index” untuk memakai potongan kata dengan sesuai kebutuhan.

Blok program ini berfungsi untuk memisahkan atau memotong menjadi beberapa kata dalam satu teks atau kalimat yang berdasarkan simbol, huruf, atau kata-kata dengan beberapa kriteria yang berpicu pada pemotongan kata-kata di awalan teks tersebut.

Blok program ini berfungsi untuk memisahkan atau memotong menjadi beberapa kata dalam satu teks atau kalimat yang berdasarkan tanda spasi yang berpicu pada pemotongan kata-kata di dalam teks tersebut.

Blok program ini berfungsi untuk menampilkan kata-kata atau teks yang telah ditentukan dari awalan index dan jumlah karakter.

Blok program ini berfungsi untuk melakukan replace (mengganti) kata lama dengan menggunakan kata baru yang telah ditentukan di dalam teks atau kalimat.

Blok progran ini berfungsi untuk memberikan kode-kode yang diambil dari teks yang akan diubah menjadi kode-kode yang susah dibaca oleh orang lain.

Blok progran ini berfungsi untuk membalikkan teks atau kalimat dari kiri ke kanan menjadi kanan ke kiri atau sebaliknya (khusus huruf arab).

Blok program ini berfungsi untuk melakukan replace (mengganti) beberapa kata lama secara terpisah dengan menggunakan kata baru yang telah ditentukan di dalam teks atau kalimat. Implementasinya, bisa menggunakan blok Dictionary “get key and value”.

Blok program ini berfungsi untuk melakukan replace (mengganti) beberapa kata lama secara terpisah dengan menggunakan kata baru yang telah ditentukan di dalam teks atau kalimat. Implementasinya, bisa menggunakan blok Dictionary “get key and value”.

Demikian dari artikel yang bisa menyampaikan dalam mengenai fungsi dari masing-masing penggunaan blok program yang bagian Bulit pada Kodular yang dapat membantu kamu dalam membuat program aplikasi Android sendiri.

BACA ARTIKEL LAIN

Baca juga artikel :  CRUD TinyDB Kodular Tampil Data
Baca juga artikel :  Penjelasan Bagian User Interface pada Kodular
Baca juga artikel :  Cara Hapus Semua Isi TextBox secara Massal di Kodular
Baca juga artikel :  Cara Menampilkan Data Tabel dari Google Sheets di Kodular
Baca juga artikel :  Cara Menonaktifkan Auto Rotate pada Screen Orientation di Kodular

About Post Author

Dwi Lestari

Saya bukanlah penulis handal dan hanya menyampaikan sesuatu yang bisa disampaikan.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *