17 June 2024
1 1
Read Time:2 Minute, 36 Second

Artikel kali ini membahas keterangan beserta fungsi dari masing-masing blok program dari kategori Control. Kategori ini berfungsi untuk mengatur sistem kerja pada aplikasi Android, memberikan keputusan (if-else), memberikan perulangan pada teks atau komponen yang support Dynamic Component yang terdapat di Kodular.

Kamu bisa melihat beberapa fungsi dari penggunaan Block Program utama yang terdapat di bagian Bulit pada Kodular yang dimana ada beberapa blok program tersebut yang belum diketahui oleh kamu untuk fungsi dalam penggunaan blok program utama tersebut dalam membuat program aplikasi Android.

Baca juga artikel :  Penggunaan Sistem Database terhadap Aplikasi Android pada Kodular

LIST BLOCK PROGRAM CONTROL

Berikut tentang penjelasan fungsi dari masing-masing blok program pada BLOCK PROGRAM CONTROL :

Blok program ini berfungsi untuk memberikan keputusan dalam suatu kondisi yang terdiri dari satu atau lebih keputusan selama program aplikasi tersebut bekerja. Penggunaan blok program ini yaitu Percabangan Biasa (IF-THEN) dan Multi (IF-ELSEIF-ELSE).

Blok program ini berfungsi untuk melakukan perulangan dengan memberikan nilai step yang telah ditentukan pada suatu event baik itu berbasis karakter maupun objek terhadap aplikasi. Pengguna blok program ini yaitu FOR.

Blok program ini berfungsi untuk melakukan perulangan dengan memberikan nilai item list yang telah ditentukan pada suatu event baik itu berbasis karakter maupun objek terhadap aplikasi.

Blok program ini berfungsi untuk melakukan perulangan dengan memberikan nilai key dan value sebagai penampung data ke dalam key yang telah ditentukan pada suatu event baik itu berbasis karakter maupun objek terhadap aplikasi.

Blok program ini berfungsi untuk melakukan perulangan tanpa memberikan nilai item list, nilai step, atau nilai key dan value pada suatu event baik itu berbasis karakter maupun objek terhadap aplikasi.

Blok program ini berfungsi untuk memberikan keputusan dalam suatu kondisi yang terdiri dari dua keputusan yang menghasilkan nilai true (IF) dan false (ELSE) selama program aplikasi tersebut bekerja.

Blok program ini berfungsi untuk memberikan suatu hasil akhir pada suatu sistem kerja program di dalam penggunaan function().

Blok program ini berfungsi untuk mengabaikan nilai yang dihasilkan dari suatu keputusan (IF-ELSE) pada kondisi tertentu dalam program.

Blok program ini berfungsi untuk membuka activity atau screen berikutnya dengan sesuai kebutuhan tanpa melakukan passing data di dalam aplikasi.

Blok program ini berfungsi untuk membuka activity atau screen berikutnya dengan sesuai kebutuhan dengan melakukan passing data di dalam aplikasi.

Blok program ini berfungsi untuk mengambil nilai setelah melakukan passing data dari Screen sebelumnya ke dalam Screen yang sedang aktif di aplikasi.

Blok program ini berfungsi untuk menutupi Screen yang sedang aktif di aplikasi.

Blok program ini berfungsi untuk menutupi Screen yang sedang aktif dengan memberikan nilai yang akan digunakan untuk membuka Screen yang sebelumnya.

Blok program ini berfungsi untuk menutup aplikasi secara permanen.

Blok program ini berfungsi untuk mengambil nilai yang bersifat karakter atau teks.

Blok program ini berfungsi menutupi Screen yang sedang aktif dengan meneruskan teks ke aktivitas non-App Inventor, bukan ke layar App Inventor.

Blok program ini berfungsi untuk memberikan jeda setelah melakukan proses looping di dalam blok program Looping (perulangan).

Demikian dari artikel yang bisa menyampaikan dalam mengenai fungsi dari masing-masing penggunaan blok program yang bagian Bulit pada Kodular yang dapat membantu kamu dalam membuat program aplikasi Android sendiri.

BACA ARTIKEL LAIN

Baca juga artikel :  Cara Konversi Clock menjadi Teks String di Kodular
Baca juga artikel :  Dimana Simpanan Gambar dari Hasil Tangkapan Kamera terhadap Kodular
Baca juga artikel :  Kodular AIA Aplikasi Kuis Pilihan Ganda dari Google Sheets
Baca juga artikel :  Cara Menampilkan Gambar dengan Dynamic Image View secara Vertikal di Kodular
Baca juga artikel :  Cara Memasukkan Google Maps API Key di Kodular

About Post Author

Dwi Lestari

Saya bukanlah penulis handal dan hanya menyampaikan sesuatu yang bisa disampaikan.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
100 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *