26 July 2024
0 0
Read Time:2 Minute, 6 Second

Artikel kali ini membahas tentang tutorial dalam membuat sistem sederhana dengan CRUD TinyDB. Disini akan dibagikan menjadi beberapa bagian yang dimulai dari 1) Input, 2) Read / Retrieve, 3) Update, dan 4) Delete. Jadi, kamu bisa pelajari tentang CRUD TinyDB dengan pelan-pelan sampai paham.

Untuk tutorial kali ini, penulis membuat tutorial dalam menampilkan data ke dari TinyDB dengan Kodular. Kamu bisa mengikuti tutorial ini jika kamu telah mengikuti tutorial sebelumnya yaitu CRUD TinyDB Kodular Tambah Data.

Bagi kamu yang sempat atau pernah belajar tentang database NoSQL MongoDB dan kawan-kawan, bisa lebih cepat dalam mempelajari CRUD TinyDB untuk menampilkan data dari simpanan data sementara di TinyDB pada HP Android.

Untuk menampilkan seluruh data dari TinyDB ke aplikasi, bisa menggunakan ListView, Spinner, ListPicker, ListView and Image (Recycle View), dsb. Penulis menggunakan Recycle View untuk menampilkan seluruh data yang diambil dari tag pada TinyDB.

Untuk menampilkan seluruh data dari data store TinyDB pada HP Android ini tidak menggunakan validasi sistem sama sekali. Asalkan, aplikasi tersebut tidak ditutup total (background System dinonaktifkan) atau menghapus atau membersihkan cache data.

Jika kamu telah mempelajari dalam menampilkan data dari TinyDB yang bukan dikategorikan pemula atau amatir, maka kamu bisa melakukan kustomisasikan dalam menampilkan data dengan sesuai kebutuhan ke dalam aplikasi Android dengan Kodular.

LANGKAH-LANGKAH

16. Buatlah blok program untuk menampung seluruh data tag dari TinyDB ke ArrayList / List.

17. Tambahkan bok program untuk mengaktifkan fitur button edit dan hapus data.

18. Tambahkan beberapa blok program di dalam Screen1.Initialize() pada gambar di bawah ini.

19. Buatlah blok program untuk menampilkan data detail ke masing-masing TextBox yang telah dipilih dari data tag berdasarkan klik Recycle View.

20. Lakukan pengujian aplikasi dari tutorial ini baik itu pake Companion maupun Ekspor APK langsung.

Baca juga artikel :  Cara Membuat Kata Ucapan dengan Waktu di Kodular

21. Kamu bisa melihat tampil data dari Firebase DB ke aplikasi.

22. Kamu dapat klik salah satu item dari Recycle View dan lihat hasil akhirnya.

Selesai.

Jika kamu belum atau kurang memahami dari tutorial ini, pelajari dengan pelan-pelan sampai paham dari isi tutorial di artikel ini.

PENUTUP

Setelah kamu membuat fitur tampil data dari data store TinyDB dalam aplikasi dengan Kodular dan sukses dieksekusi, maka kamu bisa memasuki artikel tutorial selanjutnya yaitu membuat fitur edit data dari TinyDB ke aplikasi dengan Kodular.

Yang perlu diingat adalah data store TinyDB ini tidak dapat difungsikan sebagai menyimpan data dalam jangka panjang karena data store yang tersimpan akan terhapus secara otomatis jika kamu menutup aplikasi Android secara total (OnDestroy). Memang TinyDB ini bisa menjadi salah satu solusi dalam menyimpan data secara offline (tanpa koneksi internet).

About Post Author

Dwi Lestari

Saya bukanlah penulis handal dan hanya menyampaikan sesuatu yang bisa disampaikan.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *