26 July 2024
0 0
Read Time:2 Minute, 14 Second

AIX Extension yang merupakan suatu file yang sering dijumpai pada MIT App Inventor, Kodular, atau sejenisnya yang biasanya digunakan sebagai library khusus tools tersebut dalam membuat program tanpa coding, melainkan dengan block programming yang berkonsep drag-drop selayaknya dalam menyusun puzzle agar program tersebut bisa dijalankan di aplikasi Android.

AIX Extension sendiri dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Java dengan bantuan library khusus dari App Inventor dan beberapa tools pendukung seperti Apache ANT untuk membungkus beberapa coding atau program Java menjadi satu sehingga menghasilkan AIX Extension sendiri yang siap dipakai ke dalam MIT App Inventor atau Kodular.

Baca juga artikel :  Cara Membuat Copy Text to Clipboard di Kodular

Seperti kamu ketahui bahwa opsi pilihan target Android Minimal SDK di dalam Kodular yang terendah yaitu Android SDK versi 19 (Android API 19). Jika, file AIX Extension itu menggunakan target Android minimal SDK itu diatas 19 (misalkan 20, 21, dan keatas lagi), maka target versi Android Minimal SDK di Kodular harus mengikuti target versi Android Minimal SDK pada AIX Extension.

CARA PERBANDINGAN SECARA SINGKAT :

Jika Target Versi Android Min. SDK pada AIX Extension > Target Versi Android Min. SDK pada Kodular setiap project aplikasi, maka aplikasi Android tidak bisa dipasang atau dibuka karena “Force Close”.

Dalam pembuatan AIX Extension sendiri pasti ada beberapa persyaratan wajib (reqiure) sebelum AIX Extension ini siap dipublikasikan kemanapun. Salah satunya, target Android Minimal SDK (AndroidMinSDK) yang berguna untuk memberikan target minimal Android SDK yang bisa dipakai ke dalam aplikasi Android. Hal ini disebabkan ada beberapa coding, program, atau komponen library itu tidak mendukung Android SDK untuk versi tertentu.

Baca juga artikel :  Kodular AIA Aplikasi Kuis Pilihan Ganda dari Google Sheets

Penulis memberikan tutorial untuk mengetahui target Android Min. SDK pada AIX Extension sebelum dipakai ke dalam MIT App Inventor atau Kodular. Hal ini dilakukan agar dapat antisipasi jika ada terjadi aplikasi error yang bertera “Force Close” pada smartphone yang beda versi OS Android.

LANGKAH-LANGKAH :

1. Pilihlah file AIX Extension.

2. Lakukan Extract pada file tersebut dengan menggunakan tools 7-Zip. Klik kanan pada file AIX >>> 7-Zip >>> Extract Here.

3. Buka folder dari hasil extract tadi.

4. Buka file components.json atau component.json dengan menggunakan aplikasi Text Editor seperti Sublime Text, Notepad++, dan sebagainya.

5. Tekan CTRL + F >>> Ketikkan “androidMinSdk”. Ada beberapa aplikasi Text Editor harus menekan Enter agar dapat dicari dengan kata kunci sampai ketemu.

Selesai.

Baca juga artikel :  Cara Mengambil Gambar dari Kamera di Kodular (UPDATE Agustus 2022)

KESIMPULAN :

Setiap kamu mendapatkan file AIX Extension dari pihak ketiga, menyarankan periksa terlebih dahulu isi dalam dari file AIX Extension sendiri, terutama bagian target Android Minimal SDK agar bisa menentukan dalam pemilihan target Android Minimal SDK di dalam aplikasi Android yang dibuatkan di Kodular. Apalagi kamu melakukan import Extension ke dalam Kodular untuk mendukung program aplikasi Android buatan sendiri.

BACA ARTIKEL LAIN

Baca juga artikel :  Cara Replace Teks di Kodular
Baca juga artikel :  Google Sheets Query pada Kodular
Baca juga artikel :  Cara Mengecek Jaringan atau Internet secara Realtime dengan Kodular
Baca juga artikel :  Cara Memasukkan Data Spinner dari JSON Online di Kodular
Baca juga artikel :  Cara Menampilkan Gambar dari Internet di Kodular

About Post Author

Dwi Lestari

Saya bukanlah penulis handal dan hanya menyampaikan sesuatu yang bisa disampaikan.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *