17 June 2024
0 0
Read Time:2 Minute, 9 Second

Artikel kali ini membahas tentang tutorial untuk mengatur Android Min SDK (Minimal SDK Level) terhadap aplikasi Android dengan Kodular. Tujuan dari Android Min SDK (Minimal SDK Level) agar pengguna dapat mengetahui spesifikasi minimal versi Andoid yang dipasangkan aplikasi.

Hal ini juga berpengaruh kepada penggunaan komponen & Library yang terdapat versi Android tertentu seperti fitur Snackbar yang bisa berjalan jika Android Min SDK (Minimal SDK Level) berada di Android API 21 (Lolipop) atau Dark Mode yang bisa berjalan Android Min SDK (Minimal SDK Level) berada di Android API 29 (Android 10) demi mencegah terjadi error & bug yang diakibatkan ada beberapa komponen & library untuk menambahkan fitur aplikasi Android yang tidak mendukung pada versi Android tertentu.

Baca juga artikel :  Penjelasan tentang Blok Program Procedure pada Kodular

Hal ini bisa menjadi tantangan bagi pembuat aplikasi Android dengan menggunakan Kodular untuk menentukan persyaratan minimum Android SDK Level yang bisa dipengaruhi dari penggunaan komponen & library yang terkadang ada beberapa komponen & library hanya bisa mendukung minimum Android SDK Level tertentu.

Penulis memberikan tutorial untuk mengatur Android Min SDK (Minimal SDK Level) terhadap aplikasi Android dengan Kodular. Hal ini dilakukan agar bisa menghindari atau meminimalisir terjadi error yang diakibatkan dari tidak mendukung penggunaan komponen & Library pada versi Android tertentu.

LANGKAH-LANGKAH

1. Kunjungi situs c.kodular.io

2. Lakukan login secara manual maupun OAtuh System dengan benar.

3. Pilihlah project aplikasi yang akan diatur Minimal SDK Level.

4. Klik ikon Settings.

5. Klik Publishing.

6. Klik opsi pilihan Minimum SDK Level untuk menentukan spesifikasi minimal versi Android yang harus dipasangkan atau diterima smartphone atau emulator Android baik dari luar Google Play Store atau Google Play Store langsung.

7. Pilihlah versi Android khusus Mininum SDK yang akan diterapkan di aplikasi Android.

Apabila kamu kurang yakin terjadi adanya perubahan dalam konfigurasi Minimum SDK Level di dalam project aplikasi, maka kamu bisa menyimpan project terlebih dahulu. Kemudian, lakukan reload atau refresh project tersebut agar hasil konfigurasi Minimum SDK Level itu dapat berubah.

Selesai.

Baca juga artikel :  Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Aplikasi Android dengan Kodular 2024

PENUTUP

Kamu bisa menentukan spesifikasi minimum Android SDK Level untuk aplikasi Android buatan kamu agar pengguna dapat mengetahui persyaratan atau spesifikasi minimum Android SDK Level sebelum melakukan instalasi aplikasi tersebut di smartphone atau emulator. Kamu bisa mengkonfigurasi untuk penentu persyaratan atau spesifikasi minimum Android SDK Level yang diterapkan di dalam aplikasi Android di dalam Kodular.

Apabila smartphone atau emulator Android milik pengguna tersebut dibawah persyaratan minimum Android SDK Level, maka aplikasi tersebut tidak bisa instalasi ke dalam Android device. Setelah itu, mau gak mau pengguna gadget Android harus mencari device yang memenuhi syarat minimum Android SDK Level agar bisa instalasi aplikasi tersebut.

BACA ARTIKEL LAIN

Baca juga artikel :  CRUD TinyDB Kodular Edit Data
Baca juga artikel :  12 Referensi Buku untuk Belajar App Inventor, Kodular
Baca juga artikel :  Penjelasan dari Blok Program Web GET dan POST pada Kodular
Baca juga artikel :  Cara Input Data dari Google Form dengan Kodular Berkonsep Multiple Choice
Baca juga artikel :  Cara Menampilkan Gambar dari Internet di Kodular

About Post Author

Dwi Lestari

Saya bukanlah penulis handal dan hanya menyampaikan sesuatu yang bisa disampaikan.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *