17 June 2024
0 0
Read Time:2 Minute, 7 Second

Artikel kali ini membahas tentang pembulatan angka desimal yang terdapat banyak digit di belakang koma seperti nilai Phi yang sebenarnya. Penggunaan ini biasanya untuk menampilkan hasil perhitungan secara fisika atau menampilkan nominal uang seperti konversi nilai kurs antar 2 mata uang negara yang berbeda. Hal ini bisa dilakukan di dalam Kodular pada pembuatan aplikasi Android.

Kamu bisa menghitung jarak atau skala dalam menentukan pembatasan antara satu wilayah ke wilayah lain yang sering menghasilkan nilai desimal yang banyak digit belakang koma sehingga lumayan merepotkan bagi pembaca yang kurang pandai dalam menghitung nilai tersebut, maka bisa melakukan pembulatan nilai desimal dengan mengurangi beberapa digit belakang koma sehingga memudahkan bagi pembaca tadi.

Baca juga artikel :  CRUD Firebase DB Kodular Tampil Data

BLOK PROGRAM

Pada kali ini, blok program tersebut telah memberikan komentar tentang blok program untuk pembulatan angka desimal terhadap banyak digit belakang koma. Kamu bisa menggunakan blok program itu pada gambar di bawah ini. Blok program ini berada pada bagian Math pada komponen Built-in.

Jadi, kamu bisa melakukan pembulatan angka atau nilai desimal dengan sesuai kebutuhan dalam menentukan banyaknya belakang koma.

CONTOH PENGGUNAAN BLOK PROGRAM

1. Membulatkan angka atau nilai desimal secara langsung.

Kamu bisa melihat hasil pembulatan angka desimal yang awalnya banyak digit belakang koma menjadi 2 digit belakang koma.

2. Membulatkan angka atau nilai desimal setelah melakukan perhitungan tanpa Extension Eksternal.

Kamu bisa melihat hasil pembulatan angka desimal setelah dihitung yang awalnya banyak digit belakang koma menjadi 3 digit belakang koma.

3. Membulatkan angka atau nilai desimal setelah melakukan perhitungan dengan Extension Eksternal

Kamu bisa melihat hasil pembulatan angka desimal pada jumlah jarak lokasi antara 2 tempat (tempat asal dan tempat tujuan) di dalam extension DistanceCalc yang awalnya banyak digit belakang koma menjadi 1 digit belakang koma.

Dari tiga contoh penggunaan blok program untuk membulatkan angka atau nilai desimal yang awalnya banyak digit belakang koma menjadi sedikit digit belakang koma sehingga bagi pembaca ini tidak pusing apabila melakukan perhitungan lagi walaupun setiap beda 1 belakang koma itu sangat pengaruhi hasil akhir.

Jika kamu ingin membuat aplikasi Android yang berkaitan dengan rumpun sains (Matematika atau Fisika) atau konversi nilai kurs jual-beli mata uang antar 2 negara yang berbeda dengan menggunakan Kodular, maka bisa menggunakan blok program tadi.

PENUTUP

Kamu dapat melakukan pembulatan nilai atau angka desimal dengan mengurangi beberapa digit belakang koma dengan sesuai kebutuhan dalam pembuatan aplikasi Android dengan Kodular pada studi kasus yang bersifat sains atau currency atau ekonomi baik itu tanpa maupun dengan menggunakan extension eksternal dalam menghitung sesuatu hal yang bisa menghasilkan nilai desimal yang banyak digit belakang koma.

BACA ARTIKEL LAIN

Baca juga artikel :  Cara Membuat Bottom Navigation di Kodular
Baca juga artikel :  Penyebab Kegagalan dalam Melakukan Upgrade Kodular Premium
Baca juga artikel :  Cara Cek atau Deteksi Jaringan Internet di Kodular
Baca juga artikel :  Cara Menonaktifkan Auto Rotate pada Screen Orientation di Kodular
Baca juga artikel :  Cara Menampilkan Beberapa Gambar dari Google Drive dengan Dynamic Image di Kodular

About Post Author

Dwi Lestari

Saya bukanlah penulis handal dan hanya menyampaikan sesuatu yang bisa disampaikan.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *