26 July 2024
0 0
Read Time:1 Minute, 55 Second

Artikel kali membahas tentang tutorial dalam membuat Realtime Database baru di dalam Firebase khusus pembuat aplikasi Android dengan menggunakan Kodular dkk. Firebase DB merupakan salah satu tools manajemen database NoSQL yang sering dipakai oleh programmer untuk membangun suatu aplikasi atau sistem informasi dengan Firebase DB sebagai database utama yang diharapkan proses manajemen data yang tersimpan di dalam database server tersebut jauh lebih ringan, gratis, dan efisiensi waktu.

Firebase DB ini merupakan salah satu database yang dapat digunakan secara gratis dalam menunjang pendukung dalam membuat sistem aplikasi yang terutama aplikasi Mobile yang sedang banyak digunakan di seluruh dunia karena kepraktisan dalam aktivitas sehari-hari.

Penulis memberikan tutorial dalam membuat Realtime Database Firebase yang dikhususkan Kodular, APP Inventor, dkk. Kamu membuat aplikasi Android dan Firebase DB sebagai database utama.

LANGKAH-LANGKAH

1. Kunjungi situs Firebase Console.

2. Klik Sign in / Go to console untuk lakukan login.

3. Pilihlah project Firebase yang ada di akun kamu.

4. Klik Build >>> Pilihlah Realtime Database untuk membuat database baru.

5. Klik Create Database.

6. Pilihlah server asal untuk Firebase DB. Untuk paket langganan Spark (gratis), maka pilihlah “United States (us-central1)” saja. Klik Next.

7. Pada tahap ini, biarkan saja dan langsung klik Enable.

8. Berikut hasil akhir dalam membuat database Firebase baru.

Selesai.

PENJELASAN DARI STRUKTUR REALTIME DATABASE FIREBASE

Adapun penulis memberikan penjelasan sedikit tentang struktur Realtime Database Firebase dengan sebagai berikut.

Pada gambar yang diatas, kamu dapat gambaran tentang struktur data dari Realtime Database Firebase itu sendiri dalam menerapkan ke aplikasi Android yang dibuatkan dengan Kodular. Untuk proses penampungan data yang dihasilkan dari input data aplikasi akan menyesuaikan dengan struktur penulisan dari input data pada aplikasi baik itu single value maupun array.

Baca juga artikel :  Cara Upload Gambar yang Diambil dari Kamera ke Google Sheets di Kodular (UPDATE Februari 2024)

PENUTUP

Jika kamu ingin membuat sistem aplikasi Android dengan menggunakan Kodular, APP Inventor, dkk tetapi tidak ada biaya untuk menyewa database server seperti SQL, maka kamu bisa menggunakan Firebase DB secara gratis dalam membuat aplikasi yang membutuhkan manajemen data seperti aplikasi sistem informasi, aplikasi inventori, dan sebagainya.

Semoga bermanfaat.

DAPATKAN AIA CRUD FIREBASE + PANDUAN BUKU FISIK

Kamu bisa mendapatkan source code AIA tentang CRUD Firebase sederhana beserta penjelasannya dalam bentuk buku versi cetak fisik / kertas yang telah dibuatkan oleh penulis sendiri sehingga bisa pelajari dimana saja. Bisa klik tombol di bawah untuk order.

About Post Author

Dwi Lestari

Saya bukanlah penulis handal dan hanya menyampaikan sesuatu yang bisa disampaikan.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *