13 April 2024
0 0
Read Time:3 Minute, 10 Second

Artikel kali ini membahas tentang tutorial dalam membuat fitur Deteksi Mock Location di dalam aplikasi Android dengan menggunakan Kodular. Mock Location atau Lokasi Tiruan yang merupakan suatu fitur pada Android yang memungkinkan pengguna untuk mengubah lokasi asli. Hal ini biasanya dilakukan pada saat absensi, presensi, atau form data yang ada indikasi manipulasi titik lokasi pengguna HP Android.

Mock Location atau Lokasi Tiruan ini biasanya terdapat pada aplikasi yang ditujukan untuk memanipulasi titik lokasi aslinya seperti aplikasi Fake GPS dan kawan-kawan.

Untuk membuat fitur pendeteksian Mock Location atau Lokasi Tiruan di aplikasi Android dengan Kodular, maka kamu membutuhkan extension tambahan dari pihak ketiga yang bernama Detect Mock Location Extension.

DAPATKAN EXTENSION DETECT MOCK LOCATION

Untuk kali ini, penulis memberikan link unduh extension Detect Mock Location yang bisa didapatkan pada tombol di bawah ini.

Setelah kamu mengunduh extension tersebut diatas, maka kamu bisa melakukan untuk tambahkan extension tersebut ke dalam project aplikasi Android kamu di Kodular.

Penulis memberikan tutorial dalam membuat fitur pendeteksian Mock Location atau Lokasi Tiruan dari pengguna aplikasi Fake GPS dkk untuk memanipulasi titik lokasi yang sebenarnya. Misalkan, kamu membuat aplikasi absensi / presensi siswa atau karyawan anti Fake GPS (karyawan yang lakukan manipulasi titik lokasi aslinya).

LANGKAH-LANGKAH

1. Kunjungi situs App Creator Kodular.

2. Lakukan login seperti biasanya.

3. Klik Create project untuk membuat project baru.

4. Masukkan nama project dengan sesuai keinginan kamu, klik Next.

5. Aturlah tampilan Theme, UI, nama aplikasi, beserta nama paket Android dengan sesuai keinginan kamu, klik Finish.

Baca juga artikel :  Cara Membuat Hitung Otomatis di TextBox pada Kodular

6. Klik Pallete Extension >>> Klik Import extension.

7. Klik NO FILE CHOSEN untuk memasukkan extension “com.shreya.DetectMockLocation.aix” ke dalam project aplikasi.

8. Pilihlah extension “com.shreya.DetectMockLocation.aix” dari hasil unduhan tadi, klik OK / Open.

9. Klik IMPORT FROM FILE.

10. Rancanglah tampilan aplikasi yang terdapat pada gambar di bawah ini.

11. Klik Blocks.

12. Buatlah blok program untuk mendeteksi Mock Location pada saat membuka aplikasi / screen.

Pada blok program yang if DetectionMockLocation =true, maka isi dari then tersebut bisa diisikan blok program dengan sesuai kebutuhan dalam membuat aplikasi.

13. Buatlah blok program untuk mendeteksi Mock Location pada saat ada pergeseran titik lokasi.

Pada blok program yang if DetectionMockLocation =true, maka isi dari then tersebut bisa diisikan blok program dengan sesuai kebutuhan dalam membuat aplikasi.

14. Buatlah blok program untuk mendeteksi Mock Location pada saat melanjutkan (Resume) setelah Pause aplikasi / screen.

Pada blok program yang if DetectionMockLocation =true, maka isi dari then tersebut bisa diisikan blok program dengan sesuai kebutuhan dalam membuat aplikasi.

15. Buatlah blok program untuk menampilkan pesan error pada saat proses kerja dalam mendeteksi Mock Location.

16. Lakukan ujicoba project tutorial tersebut baik itu pakai Companion maupun Install APK langsung (Export APK).

17a. Apabila fitur Mock Location atau Lokasi Tiruan tersebut sedang aktif, maka aplikasi tersebut akan menutupi secara otomatis aplikasinya.

17b. Apabila fitur Mock Location atau Lokasi Tiruan tersebut sedang nonaktif, maka aplikasi tersebut akan muncul pesan bahwa penggunaan Mock Location bernilai false dan menampilkan titik lokasi asli.

Selesai.

Jadi, kamu bisa membuat fitur deteksi dalam penggunaan Mock Location atau Lokasi Tiruan di dalam aplikasi Android buatan kamu dengan Kodular agar dapat mengantisipasi terjadi adanya manipulasi atau tidak valid dalam melakukan input / form data yang mengharuskan menggunakan titik lokasi asli seperti sistem absensi, sistem presensi, sistem pendaftaran sensus, sistem driver online, dan sebagainya.

Baca juga artikel :  Cara Menampilkan Beberapa Gambar dari Google Drive dengan Dynamic Image di Kodular

PENUTUP

Penggunaan fitur pendeteksian Mock Location atau Lokasi Tiruan ini sangat penting kali dalam aktivitas digital yang justru lebih mudah dalam melakukan manipulasi data seperti mengubah titik lokasi asli menjadi titik lokasi yang lain pada saat melakukan absensi atau presensi dengan aplikasi Android sehingga menimbulkan kejadian yang berhubungan dengan bisnis dan professional.

Oleh karena itu, kamu dapat membuat fitur pendeteksian Mock Location atau Lokasi Tiruan ke dalam aplikasi Android buatan kamu dengan sesuai kebutuhan di Kodular.

About Post Author

Dwi Lestari

Saya bukanlah penulis handal dan hanya menyampaikan sesuatu yang bisa disampaikan.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *