26 July 2024
0 0
Read Time:1 Minute, 50 Second

Artikel kali ini membahas tentang tutorial untuk menyisipkan / memasukkan dan memainkan lagu atau musik yang diambil dari internet atau online di Kodular. Hal ini dilakukan agar tidak memenuhi pemakaian storage di smartphone Android.

Untuk memainkan musik atau lagu di dalam aplikasi Android tersebut bisa menggunakan komponen Pallete Media bagian Play atau Sound, penulis menyarankan untuk menggunakan komponen Play karena bisa dimainkan musik atau dalam durasi yang panjang.

Hal ini cocok bagi kamu yang ingin membuat aplikasi Media Player secara online, Media Pembelajaran, Media Interaktif, Kuis Online, Game, dan aplikasi yang membutuhkan konten musik atau lagu sebagai backsound di dalam aplikasi Android.

Misalkan, kamu membuat aplikasi Game online yang pasti menggunakan konten musik atau lagu sebagai pembuka screen awal dalam aplikasi Android. Selain itu, konten musik ini juga dipakai selama permainan itu sedang berlangsung seperti berantem satu pemain dengan pemain lain, berpetualang dalam mencari harta karun, epilog atau ending game (misi permainan telah selesai).

BLOK PROGRAM

Kamu bisa memyisipkan lagu atau musik yang diambil dari internet ke dalam blok program Player yang Source dengan isikan situs link lagu atau musik tersebut. Setelah itu, tambahkan blok program Player yang Method Play untuk menjalankan musik tersebut.

Apabila kamu ingin menghentikan (stop) musik atau lagu yang sedang berjalan, maka bisa menggunakan blok program Player yang method Stop.

Tidak hanya untuk musik atau audio saja, suara rekaman kamu yang tersimpan di hosting / server / cloud / obejct storage bisa dipakai ke dalam komponen Player selama Mimetype tersebut mendukung seperti .amr atau .wav sehingga tidak perlu menyimpan semua rekaman suara kamu ke dalam aplikasi Android langsung yang bisa memakan tempat storage sehingga menghasilkan ukuran file aplikasi yang besar.

PENUTUP

Kamu bisa menambahkan konten musik atau lagu ke dalam aplikasi Android yang bersumber dari internet yang biasanya digunakan sebagai pendukung dalam penilaian fungsi guna terhadap aplikasi Android seperti memberitahukan jawaban benar atau salah pada soal tersebut dengan bunyi yang berbeda.

Selain itu, suara suara rekaman kamu yang tersimpan di hosting / server / cloud / obejct storage bisa dipakai ke dalam komponen Player di Kodular. Hal ini bisa menghindari pelanggaran hak cipta (copyright) atas penggunaan lisensi konten musik atau audio yang diambil dari internet baik itu kepenting pribadi maupun komersil.

BACA ARTIKEL LAIN

Baca juga artikel :  Cara Mengecek Isi Project AIA di Unchive Kodular
Baca juga artikel :  Cara Menampilkan Gambar dari OneDrive di Kodular
Baca juga artikel :  Cara Upload Gambar dari Kamera ke Cloudinary dengan Kodular
Baca juga artikel :  Cara Input Tanggal dengan Date Picker di Kodular
Baca juga artikel :  Cara Menggunakan Circular Progress di Kodular

About Post Author

Dwi Lestari

Saya bukanlah penulis handal dan hanya menyampaikan sesuatu yang bisa disampaikan.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *