13 April 2024
0 0
Read Time:2 Minute, 6 Second

Artikel kali ini sedikit berbeda dari sebelumnya yang lebih fokus tutorial step by step. Ini membahas tentang tutorial untuk menghapuskan seluruh isi TextBox secara massal dengan menggunakan bantuan List di dalam Kodular pada pembuatan aplikasi Android. Tutorial ini jauh lebih ke condong tips saja ya sehingga tidak ada tutorial step by step, karena cara merancang tampilan aplikasi Android hampir sama pada umumnya dalam menambahkan komponen TextBox ke dalam Screen yang membedakan yaitu blok program.

Kamu biasanya untuk membuat blok program untuk penghapusan seluruh atau semua isi TextBox di dalam Screen harus memasukkan blok program set Text TextBox = “” secara satu per satu. Kini, kamu tidak perlu repot dalam membuat blok program pakai cara lama, bisa menggunakan komponen Any Component Text Box yang dibantu oleh List untuk penghapusan seluruh atau semua isi TextBox secara massal di dalam Kodular.

Baca juga artikel :  Cara Membuat Waktu Berjalan atau Realtime di Kodular

Jadi, kamu tidak perlu membuat blok program untuk mengosongkan isi Textbox secara manual (satu per satu), melainkan dengan bantuan List yang berdasarkan jumlah banyaknya TextBox di dalam aplikasi Android di Kodular. Hal ini cocok untuk membuat sistem formulir yang dimana akan dikosongkan seluruh isi Textbox setelah menyelesaikan pengisian formulir di dalam aplikasi Android.

BLOK PROGRAM

1. Blok program untuk memasukkan beberapa komponen TextBox ke dalam satu List agar bisa dieksekusi untuk kosongkan isi TextBox secara massal apabila terjadi satu event seperti click.

Misalkan, kamu ada 6 buah TextBox di Screen, maka kamu memasukkan 6 buah TextBox ke dalam List pada gambar diatas dan begitu juga dengan banyaknya unit TextBox di dalam aplikasi harus disesuaikan ke dalam List tadi.

2. Buatlah blok program untuk membersihkan isi TextBox secara massal.

Jadi, kamu bisa menggunakan blok program For Each untuk mengosongkan isi TextBox secara massal dengan mengambil satu poin dari nilai total jumlah banyak data TextBox di dalam List sampai selesai. Untuk blok program khusus pengosongan isi TextBox tadi menggunakan Any Component TextBox.

Blok program yang diatas tidak hanya berlaku terjadi Event pada saat klik tombol (Button) dan juga bisa untuk segala Event yang support blok program khusus pengosongan isi TextBox tersebut seperti After Selected dari Spinner, Lost Focus dari TextBox, dan sebagainya.

Selesai.

Baca juga artikel :  Cara Membuat Radio Button di Kodular

PENUTUP

Kamu bisa menghapus seluruh isi TextBox secara massal dengan bantuan List ke dalam blok porgram pada Kodular sehingga tidak repot untuk membuat blok program untuk menghapuskan seluruh isi TextBox secara satu per satu ke dalam blok Program yang Event.

Dengan ada pemberian tips ini, kamu diharapkan untuk mendapat hemat dan efisiensi waktu dalam menyelesaikan project aplikasi Android dengan menggunakan Kodular.

BACA ARTIKEL LAIN

Baca juga artikel :  Penyebab Kegagalan dalam Melakukan Upgrade Kodular Premium
Baca juga artikel :  Keterangan dari Block Program TinyDB pada Kodular
Baca juga artikel :  Penjelasan Bagian Media pada Kodular
Baca juga artikel :  Blok Program Screen BackPressed pada Kodular atau App Inventor
Baca juga artikel :  Cara Membuat Bottom Navigation di Kodular

About Post Author

Dwi Lestari

Saya bukanlah penulis handal dan hanya menyampaikan sesuatu yang bisa disampaikan.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *