13 April 2024
0 0
Read Time:2 Minute, 3 Second

Blok program Screen Initialize merupakan blok program yang terdapat di komponen blok bagian Screen yang berfungsi untuk eksekusi suatu program atau event pada saat membuka aplikasi atau screen di Android. Blok program Screen Initialize ini salah satu sistem yang penting dalam kelangsungan siklus hidup Android.

Misalnya, kamu membuka aplikasi Mobile Banking yang dimana harus mengecek keberadaan akses internet atau jaringan di Android dan memasukkan event pada saat tidak ada koneksi internet, maka aplikasi tersebut menutupi dengan sendirinya.

BLOK PROGRAM UTAMA

Jadi, kamu bisa melakukan inisialisasi apapun di dalam blok program Screen Initialize seperti pemberian permission untuk menggunakan sistem atau komponen Android tertentu sebelum memasuki ke aplikasi Android.

CONTOH PENGGUNAAN BLOK PROGRAM

Penulis telah memberikan komentar untuk beberapa contoh penggunaan blok program Screen Initialize agar lebih mudah dipahami lagi.

Contoh 1

Contoh 2

Contoh 3

STUDI KASUS MINI

Kamu ingin membuat aplikasi inventor barang berbasis Android untuk toko barang XYZ agar lebih mudah melakukan pendataan stok barang yang ada di toko tersebut. Hal ini membutuhkan beberapa screen yang harus diinisialisasikan atau eksekusi program dalam events pada saat membuka aplikasi atau Screen di dalam Android sebagai berikut:

  1. Screen Welcome ini menggunakan blok program Screen Initialize events untuk melakukan permission untuk mengakses beberapa sistem storage atau data seperti kontak, kamera, galeri, dan sebagainya. Selain itu juga digunakan untuk mendeteksi versi aplikasi Android yang sedang digunakan.
  2. Screen Login ini menggunakan blok program Screen Initialize events untuk mendeteksi keberadaan akses internet atau jaringan sebelum melakukan login atau mendeteksi session data yang tersimpan di memori sementara.
  3. Screen Dashboard ini menggunakan blok program Screen Initialize events untuk menampilkan data identitas akun, stok barang, beserta waktu dan tanggal secara realtime.
  4. Screen Tambah Barang ini menggunakan blok program Screen Initialize events untuk mengecek kode barang yang terakhir diinput ke dalam database.
  5. Screen Edit dan Hapus Barang ini menggunakan blok program Screen Initialize events untuk menampilkan stok barang dari database yang berdasarkan pemilihan list data dari Screen Dashboard.

Dari studi kasus mini yang dapat diharapkan kamu lebih memahami secara jelas dalam penggunaan program Screen Initialize events dalam penbuatan aplikasi Android dengan Kodular atau App Inventor.

PENUTUP

Blok program Screen Initialize events merupakan salah satu events penting yang dimana harus ada events tersebut di dalam aplikasi Android pada penggunaan komponen atau sistem bawaan dari Android seperti kamera, galeri, WiFi, dan sebagainya. Kamu bisa melakukan inisialiasi atau menaruh blok program apapun ke dalam Screen Initialize events yang mendukung dalam pembuatan aplikasi Android buatan kamu.

BACA ARTIKEL LAIN

Baca juga artikel :  Cara Tampilkan Video dari Google Drive dengan Kodular
Baca juga artikel :  Cara Upload Gambar dari Kamera ke Cloudinary dengan Kodular
Baca juga artikel :  Penjelasan dari Blok Program Web GET dan POST pada Kodular
Baca juga artikel :  Cara Upload Gambar yang Diambil dari Kamera ke Google Sheets di Kodular (UPDATE Februari 2024)
Baca juga artikel :  12 Referensi Buku untuk Belajar App Inventor, Kodular

About Post Author

Dwi Lestari

Saya bukanlah penulis handal dan hanya menyampaikan sesuatu yang bisa disampaikan.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *