13 April 2024
0 0
Read Time:2 Minute, 13 Second

Blok program Screen Initialize merupakan blok program yang terdapat di komponen blok bagian Screen yang berfungsi untuk memuat suatu event pada saat tekan tombol back di smartphone Android. Sistem kerja dari event BackPressed yakni mengembalikan atau membuka activity atau sebelumnya atau langsung keluar aplikasi apabila tidak terdapat Back lagi.

Misalkan, kamu telah melakukan pengeditan akun profil kamu dari sistem dan bisa kembali ke bagian Dashbaord dengan tekan Back yang terdapat di dalam smartphone.

BLOK PROGRAM UTAMA

Blok program ini digunakan untuk mengatifkan suatu event atau kejadian pada saat menekan back yang terdapat pada perangkat smartphone atau emulator Android. Contohnya, kamu menambahkan untuk menampilkan pesan konfirmasi sebelum keluar dari aplikasi atau membuka layout yang integrasi dengan Fragment atau Tab View pada saat menekan back pada device tersebut

CONTOH PENGGUNAAN BLOK PROGRAM

Contoh 1

Contoh 2

Contoh 3

Contoh 4

STUDI KASUS MINI

Kamu Kamu ingin membuat aplikasi Android yang bertema Media Pembelajaran dengan target audiens atau pengguna kepada anak yang masih menempuh pendidikan TK atau SD yang dimana konten tersebut dipenuhi dengan desain dan tampilan yang menarik untuk si anak tersebut. Hal ini membutuhkan beberapa screen yang harus diinisialisasikan atau eksekusi program dalam events pada saat menekan tombol back yang terdapat di device (perangkat) di dalam Android sebagai berikut:

  1. Screen Welcome ini menggunakan blok program Screen Back Pressed untuk menutupi aplikasi dengan menampilkan pesan popup dengan berisi konfirmasi tentang keyakinan pengguna tersebut keluar dari aplikasi Android.
  2. Screen Latihan ini menggunakan blok program Screen Back Pressed untuk mengulangi sesi latihan dari awal seperti waktu mundur menjadi bernilai 0, nilai latihan menjadi 0, soal latihan dipilih secara acak, pengisian data pengguna di latihan menjadi kosong (jika menggunakan formulir).
  3. Screen Kuis ini menggunakan blok program Screen Back Pressed untuk mengulangi sesi kuis dari awal seperti waktu mundur menjadi bernilai 0, nilai latihan menjadi 0, soal latihan dipilih secara acak atau berurutan baik itu diambil dari offline maupun online, pengisian data pengguna di latihan menjadi kosong (jika menggunakan formulir).
  4. Beberapa screen ini menggunakan blok program Screen Back Pressed untuk menutupi Screen yang sedang aktif dan kembali ke Screen sebelumnya jika pengguna telah selesai.
  5. Screen Splash Screen ini menggunakan blok program Screen Back Pressed untuk menutupi aplikasi jika tidak terdapat koneksi internet. (poin ini hanya berlaku untuk aplikasi media pembelajaran berbasis online).

PENUTUP

Blok program Screen BackPressed events merupakan salah satu events penting yang dimana harus ada events tersebut di dalam aplikasi Android pada penggunaan komponen atau sistem bawaan dari Android seperti kamera, galeri, WiFi, dan sebagainya. Kamu bisa melakukan inisialiasi atau menaruh blok program apapun ke dalam Screen BackPressed events yang mendukung dalam pembuatan aplikasi Android buatan kamu.

BACA ARTIKEL LAIN

Baca juga artikel :  Cara Ganti Logo Aplikasi Android di Kodular
Baca juga artikel :  Cara Menambahkan Uses Permission MEDIA di Companion Kodular khusus Android 13
Baca juga artikel :  Beberapa Kode Perintah dari Google Apps Script beserta Fungsinya
Baca juga artikel :  Cara Mengetahui AndroidMinSDK dari AIX Extension pada Kodular
Baca juga artikel :  Cara Sorting Data CSV dengan TinyDB di Kodular

About Post Author

Dwi Lestari

Saya bukanlah penulis handal dan hanya menyampaikan sesuatu yang bisa disampaikan.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *